Thursday, 28 March 2024
HomeKulinerAnti Bosan, Ini Deretan Ide Menu Bekal Anak Sekolah  

Anti Bosan, Ini Deretan Ide Menu Bekal Anak Sekolah  

Bogordaily.net–  Seiring dengan kegiatan anak-anak sekolah yang cukup padat akhir-akhir ini, para ibu kini sedang tren membagikan menu bekal sekolah Si Kecil dengan bentuk unik. Tujuannya agar Si Kecil semangat saat menyantapnya. Terlebih momen makan siang menjadi waktu yang sangat dinantikan oleh Si Kecil bersama teman-temannya. Nha, bagi ibu yang bingung dengan menu bekal sekolah yang itu-itu saja bisa dicoba ide menu sekolah yang bisa dicoba di rumah sebagaimana dilansir Haibunda.com berbagai sumber, berikut:

Onigiri

Onigiri adalah nama Jepang untuk bola nasi yang biasanya diletakkan di dalam kotak bento, Bunda. Biasanya onigiri dibuat dengan bentuk bulat atau segitiga, kemudian dibungkus dengan nori atau rumput laut kering. Untuk bekal sekolah, bisa coba bentuk lainnya. Misalnya saja panda, anak kucing, hingga kelinci. Potong-potong nori dan letakkan di bagian wajah hewan hingga menyerupai mata atau hidungnya. Dirangkum The Spruce Eats, Bunda juga boleh mengisi onigiri dengan berbagai isian. Misalnya saja ayam, kepiting, hingga ikan tuna.

Mac n cheese

Perpaduan antara makaroni dan keju menjadi salah satu menu andalan Bunda untuk sekolah, nih. Di dalamnya, ibu juga bisa menambahkan bahan tambahan lainnya seperti sosis atau telur.

Klasik salad

Mengutip laman Eating Well, menu klasik salad bisa menjadi pilihan makan siang karena semuanya terbuat dari bahan yang sehat. Mulai dari sayuran, ayam, telur, daging, hingga alpukat, yang disusun secara terpisah. Ibu bisa mengemas semuanya dalam satu tempat makan yang bersekat untuk dibawa ke sekolah.

Bekal mediterania

Bekal sekolah ala mediterania berisi berbagai menu makan siang yang sehat dan bergizi. Di dalamnya terdapat salad Yunani, buah-buahan, dan sebagainya. Masukkan semuanya ke dalam kotak bekal sehingga anak dengan mudah memakannya.

Fish stick

Dilihat Taste of Home, seorang ahli gizi bernama Jennifer Rowland, menjelaskan bahwa bekal berbahan ikan sangat baik untuk perbaikan gizi. Ia pun membuat fish stick yang bentuknya menyerupai tempura. Menu ini juga cocok dijadikan bekal makan siang anak. Bagian luarnya renyah dan lembut di dalam. Untuk kelengkapan gizi anak, Bunda bisa tambahkan kentang goreng, sayuran, dan saus tartar rendah lemak.

Chicken Teriyaki

Chicken teriyaki meripakan menu yang biasanya ada di dalam kotak nasi klasik khas Jepang. Olahan ini dibuat dengan perpaduan saus asin dan manis yang melapisi ayam. Memuat chicken teriyaki sangat mudah dan bisa menjadi ide bekal untuk Bunda yang sibuk atau sedang terburu-buru.

Katsu

Katsu biasanya berisi ayam yang dilapisi dengan tepung roti yang lezat. Setelah digoreng dan krispi, katsu akan disiram dengan saus manis yang juga gurih. Katsu menjadi menu yang cocok dijadikan bekal makan siang anak, Bunda. Agar semakin lezat, Bunda bisa buat kuah katsu lebih kental.

Hotdog gurita

Ibu bisa kreasikan sosis dengan membentuknya menjadi karakter yang lucu, seperti gurita. Cara membuatnya sangat mudah. Bagi dua sosis panjang, iris bagian tengahnya, dan jangan sampai putus. Kemudian, goreng sampai matang dan irisannya melipat bak kaki gurita. Agar lebih menggemaskan, ibu bisa tambahkan mata dan mulut pada gurita dengan menggunakan nori.

Ayam keju bento

Ayam, selada, dan keju yang digulung menjadi satu dalam tortila akan menarik perhatian di dalam kotak makan siang Si Kecil. Agar lebih sehat, bisa tambahkan buah blueberry yang memiliki banyak kandungan air. Tak hanya itu, juga boleh berikan beberapa keping cokelat sebagai camilan atau makanan penutup.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here