Friday, 3 May 2024
HomeKulinerBerbeda dengan Namanya, Nasi Kentut Medan Sangat Nikmat Rasanya

Berbeda dengan Namanya, Nasi Kentut Medan Sangat Nikmat Rasanya

Bogordaily.net – Jika dilihat dari namanya, satu ini mungkin kedengaran tak enak. Tapi, , Sumatera Utara ini penuh dengan cita rasa dan menyehatkan.

Jika di daerah pulau Jawa terkenal dengan Nasi Kucing, di Medan Sumatera Utara ada berbahan utama nasi yang mananya sedikit nyeleneh dan menggelitik di telinga yaitu .

memiliki tekstur lembut pada nasinya. Selain itu aromanya juga harum. Nama sebenarnya berasal dari bumbu khas yang dibuat dari daun kentut (paederia foetida). Di beberapa daerah, dikenal dengan nama daun sembukan.

Dikutip dari Indonesia.go.id, tumbuhan merambat ini dikenal oleh masyarakat Medan memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, bahkan mengobati sakit maag dan sariawan.

Selain daun sembukan, nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit. Kemudian nasi ini dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian di kukus atau dipanggang hingga matang.

Penampilan ini nyatanya menggugah selera dengan nasi pulen ditambah wangi-wangian dari bumbu yang khas.

Menikmati seporsi tentu semakin nikmat dengan menyantap lauk. Ada beragam pilihan yang dapat menjadi teman nasi kentut, seperti ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng.

Jangan lupakan juga sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap cita rasa kenikmatan Nasi Kentut.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here