5 Galeri Seni di Jakarta yang Bisa Dikunjungi saat Akhir Pekan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Wisata ยท 17 Sep 2022 08:47 WIB

Bingung Mau Kemana? Ini 5 Galeri Seni di Jakarta yang Bisa Dikunjungi saat Akhir Pekan


 Museum MACAN terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (museummacan.org/Bogordaily.net) Perbesar

Museum MACAN terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (museummacan.org/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Memasuki akhir pekan, banyak orang mulai mencari destinasi wisata untuk jalan-jalan. Salah satunya dengan mengunjungi galeri seni. Berikut 5 geleri seni di Jakarta yang asik dikunjungi saat akhir pekan.

Galeri seni kini telah menjadi salah satu objek wisata yang digemari banyak orang. Mereka menikmati keindahan karya seni dan mempelajarinya. Ada juga yang sekadar mencari spot instagramable yang menawan.

Jakarta punya banyak galeri seni yang bisa didatangi. Karya seni yang ditampilkan beragam. Ada karya seni klasik, futuristik, atau kontemporer.

Berikut 5 galeri seni di Jakarta yang bisa jadi pilihan liburan Anda saat akhir pekan :

1. Museum MACAN

Museum MACAN terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Galeri seni yang dibuka sejak 2017 ini sangat populer terutama di kalangan pecinta seni.

MACAN sendiri singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Sesuai dengan namanya, Museum Macan menyuguhkan karya-karya seni modern dan kontemporer untuk dinikmati pengunjung. Bagian yang paling menarik perhatian pengunjung adalah pameran tematik di mana instalasi seni interaktif berada.

Museum MACAN juga menyediakan permainan bernama Berburu Harta Karun. Peserta yang boleh ikut bermain hanya sampai usia pelajar. Selagi menunggu anak-anak bermain, Anda bisa berfoto di spot-spot menarik di Museum MACAN. Namun hanya diperbolehkan menggunakan kamera telepon genggam.,

2. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia berlokasi di Jalan Merdeka Timur atau seberang Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Galeri milik pemerintah ini berada di sebuah bangunan peninggalan Belanda. Dulunya bangunan yang sudah ada sejak 1900 tersebut adalah gedung pendidikan yang digunakan untuk asrama wanita.

Lalu pada 8 Mei 1999 diresmikan menjadi galeri seni di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Museum MoJA

Museum MoJA memecah stigma masyarakat yang beranggapan bahwa museum identik dengan bangunan kuno, tempat membosankan, dan suasana suram. Museum di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat ini jauh dari tiga deskripsi itu, loh!

Disebut-sebut sebagai museumnya Gen-Z dan Millenials, Museum MoJA hadir dengan menawarkan banyak spot Instagramable yang terlihat menawan akibat perpaduan warna-warna cerah mendominasi ruangannya.

Setidaknya ada 14 ruangan tematik yang membuat pengunjung tidak bosan sama sekali.

Untuk membeli tiket masuk pengunjung harus merogoh kocek agak dalam, yaitu kisaran Rp110.000 hingga Rp125.000. Namun harga tersebut sepadan dengan pengalaman yang akan didapat. Museum ini dikabarkan hanya buka sampai Maret 2021.

4. Galeri Salihara

Selain galeri seni, Galeri Salihara juga memiliki komunitas bernama Komunitas Salihara yang didirikan oleh Goenawan Mohamad. Dalam satu kompleks bangunan terdapat empat bangunan utama yaitu Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara, dan ruang perkantoran.

Galeri ini berada di Jalan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pengunjung dapat memilih antara melihat pameran, mengikuti berbagai kelas yang diadakan, menonton pertunjukan teater atau tarian.

Terdapat Juga tempat yang menjual berbagai pernak-pernik dan kafe untuk pengunjung bersantai. Sebelum mengunjungi, ada baiknya Anda mengecek website resmi Galeri Salihara untuk jadwal pertunjukannya, ya.

5. Art:1 New Museum

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah New Museum. Di sini kamu akan dimanjakan dengan pameran aneka karya seni estetik yang ditata sangat rapi.

Diresmikan pada tahun 2011, museum ini telah menggelar berbagai pameran, yang terbaru adalah AMJO 3 yang hadir kembali dengan konsep segar dan menyenangkan.

Memadukan konsep online dan offline, pameran ini dibuka untuk publik tanggal 10-12 Juni secara offline dan tanggal 10 Juni-31 Agustus 2022 secara online.

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Chillax Resmi Dibuka, Tongkrongan ala Eropa di Selatan Jakarta

1 Desember 2022 - 20:45 WIB

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina, Ini Sejarah Pura Mangkunegaran

1 Desember 2022 - 11:54 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

30 November 2022 - 12:33 WIB

Siap-Siap, Bali Bakal Jadi Wisata Kesehatan

29 November 2022 - 23:02 WIB

Review Wisata Anak Kuntum Farmfield Bogor, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

28 November 2022 - 22:53 WIB

Kuntum Farmfield

Mau Liburan Bareng Keluarga? Ke Marcopolo Water Adventure Aja!

27 November 2022 - 21:51 WIB

Trending di Wisata