Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorBogor Hujan Deras, Waspada Ya! Bendung Katulampa Siaga 3

Bogor Hujan Deras, Waspada Ya! Bendung Katulampa Siaga 3

Bogordaily.net–  Hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya kurang lebih sekitar dua jam membuat debit air di mengalami peningkatan hingga 130 cm atau siaga tiga.

Luapan debit air dan status siaga tiga tersebut membuat petugas , Kecamatan Bogor Timur, segera melakukan koordinasi dengan petugas pintu air di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Kepala , Andi Sudirman menjelaskan debit air yang mengalami peningkatan di Sungai Ciliwung diperkirakan akan sampai ke Jakarta, sembilan hingga dua belas jam mendatang.

“Air Sungai Ciliwung ini diprediksi debit air sebanyak 216 ribu liter per detiknya. Dan akan tiba di kawasan hilir (Jakarta) 9 sampai 12 jam kedepan atau Selasa pagi (13 September 2022),” ujarnya, Senin 12 September 2022.

Hujan deras di kawasan hulu Sungai Ciliwung yang berada di Puncak Bogor, memang seringkali membuat luapan atau debit air di , Kecamatan Bogor Timur, selalu meningkat.

“Hujan mulai jam 16.00 sore di kawasan Katulampa dan kawasan Puncak, hujan yang merata membuat kenaikan debit air jadi 130 cm atau siaga 3,” jelasnya.

Akibatnya kawasan hilir yang berada di Jakarta menjadi waspada, sebab air dari Sungai Ciliwung ini diperkirakan akan tiba pada Selasa 13 September 2022 pagi hari.

Andi pun menghimbau kepada warga Bogor dan Jakarta yang berada di bantaran Sungai Ciliwung untuk selalu siaga dan berhati-hati saat debit air meningkat.

“Warga kemudian Depok dan Jakarta tetap waspada, debit air Sungai Ciliwung mengalami peningkatan,” tutup Andi.(Muhammad Irfan Ramadan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here