Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalBPOM Resmi Keluarkan Izin Edar Vaksin Qdenga

BPOM Resmi Keluarkan Izin Edar Vaksin Qdenga

Bogordaily.net – Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan () mengeluarkan izin edar untuk vaksin Dengue dengan nama Qdenga, mulai hari ini Jumat, 9 September 2022.

Sebagai informasi, Qdenga adalah vaksin dengan indikasi dalam pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh di usia 6 hingga 45 tahun.

Vaksin tersebut diproduksi oleh IDT Biologika GmbH Germany. Kemudian dirilis oleh dan terdaftar atas nama Takeda GmbH Germany.

Vaksin Qdenga merupakan vaksin Dengue kedua yang disetujui izin edarnya oleh pasca Dengvaxia (terdaftar atas nama PT Aventis Pharma).

Menurut , vaksin Qdenga merupakan jenis Live Attenuated Tetravalent Dengue Vaccine (TDV) yang terdiri atas empat strain .

Antara lain, strain Dengue serotipe 2 attenuated (TDV-2), rekombinan strain Dengue serotipe 2/1 (TDV-1), rekombinan strain Dengue serotipe 2/3 (TDV-3), dan rekombinan strain Dengue serotipe 2/4 (TDV-4).

Sementara itu, vaksin strain TDV-2 dibuat dari tipe dua yang dilemahkan (attenuated).

Sedangkan, untuk strain vaksin attenuated serotipe 1, 3, dan 4 direkayasa dengan mensubstitusi struktur gen pre-membrane (prM) dan envelope (E) dari TDV-2 dengan gen prM dan E strain tipe 1, tipe 3, dan tipe 4.

“Efikasi vaksin Qdenga ditunjukkan oleh data studi klinik fase 3 dan didukung data imunogenisitas studi klinik fase 3 dan fase 2,” terang Kepala , Penny K. Lukito, dalam siaran persnya.

Lalu, efikasi vaksin ini untuk pencegahan demam berdarah secara keseluruhan sebesar 80,2 persen, untuk mencegah hospitalisasi akibat virus Dengue sebesar 95,4 persen.

Vaksin tersebut menunjukkan efikasi yang baik pada subjek dengan seropositif (mempunyai antibodi terhadap virus Dengue, red) maupun subjek dengan seronegatif (belum memiliki antibodi terhadap virus Dengue, red).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here