Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorCitra Internasional Tourism Institute Menggelar Pembukaan Program Pendidikan

Citra Internasional Tourism Institute Menggelar Pembukaan Program Pendidikan

Bogordaily.net – Citra Internasional Tourism Institute membuka program kecakapan kerja bidang perhotelan dan kapal pesiar tahun 2022 di Mall BTW Bogor Jalan Veteran, RT.01/RW.03, Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dalam program ini, Citra Internasional Tourism Institute bekerjasama dengan Direktorat kursus dan pelatihan serta Direktorat Jendral vokasi, Kementerian , Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan LKP Citra Internasional Tourism Institute Indra Setiawan, perwakilan Dinas Kota Bogor Dra. Hj Rika Riana Riska Dewi, perwakilan lembaga sekolah hotel maritim institut (SHMI) Sangkuriang Hari Folde, perwakilan Mall BTW Bogor Sabar, General Manager Hotel Permata Rina.

Pimpinan LKP Citra Internasional Tourism Institute Indra Setiawan mengatakan, ini adalah salah satu program unggulan Kementrian Republik Indonesia untuk lembaga-lembaga yang memiliki kinerja ataupun akreditasi yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan program ini.

Program ini bukan serta-merta diberikan tetapi memiliki beberapa proses untuk penilaian kriteria lembaga seperti apa yang bisa mendapatkan bantuan atau program ini bisa di berikan.

“Karena kita harus melewati beberapa proses seperti pengisian aplikasi yang begitu mudah tetapi jika kita tidak tahu menggunakan aplikasi itu akan terlihat rumit. Jadi, program kecakapan kerja ini di khususkan untuk masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah atau SMK,” kata Indra Setiawan kepada bogordaily.net, Selasa 13 September 2022.

Pihaknya juga membuka link pendaftaran melalui proses tahapan seleksi, hal ini dilakukan untuk tepat sasaran bagi peserta nya yang memang perlu di bantu dari segi finansial untuk bisa melanjutkan ke jenjang kuliah.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, mereka melakukan pembelajaran teori dan praktek selama 150 jam pelajaran.
Lalu mereka akan di magangkan di industri (hotel,red) sesuai dengan bidang yang kita ajarkan pada saat teori dan praktek di Citra Internasional Tourism Institute,” jelasnya.

Kemudian Pemerintah akan terus memantau melalui aplikasi. Dan pihaknya terus memberikan laporan mengenai peserta yang mengikuti pelatihan sekarang. Jadi, saat program ini selesai, lembaga tidak lepas tangan memberikan output kepada peserta didik.

“Jadi, peserta didik ini akan terus di pantau, mereka akan diarahkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di hotel maupun kapal pesiar. Tujuannya agar kita bisa mengarahkan peserta didik ini untuk bisa bekerja di dalam negri maupun di luar negeri,” terangnya.

Pada program kecakapan kerja bidang perhotelan dan kapal pesiar, kata Indra, para peserta didik akan di beri ilmu kompetensi di bidang Housekeeping.

“Para peserta didik di ajarkan membersihkan area publik area, laundry dan membersihkan kamar. Jadi, selama 150 jam pelajaran meliputi unit kompetensi, mereka di latih dan di didik terlebih dahulu agar bisa mendapatkan ilmu tentang bidang Housekeeping sebelum mereka di arahkan untuk magang,” katanya.

Indra menambahkan, untuk mengikuti pelatihan ini, persyaratan pria/wanita harus berbadan sehat, usia 18 sampai 24 tahun dan lulusan SMA/SMK atau kejar paket C.

 

(Ibnu Galansa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here