Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorDinkes Kota Bogor Ajak Warga Imunisasi Anak

Dinkes Kota Bogor Ajak Warga Imunisasi Anak

Bogordaily.net–  Bulan Anak Nasional (BIAN) merupakan program yang diperuntukkan bagi sasaran anak di Indonesia baik bayi dan balita sampai usia 59 bulan dengan rangkaian kegiatan meliputi pemberian tambahan campak-rubella dan kejar untuk melengkapi status balita. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengimbau warga agar membawa anak-anaknya untuk .

Sekretaris Erna Nuraena mengatakan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bogor seperti puskesmas, puskesmas pembantu, posyandu, klinik, praktek dokter swasta, praktek mandiri bidan, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Kejar (usia 12-59  bulan) untuk melengkapi status imunsasi yang tertinggal meliputi pemberian Polio, DPT-HB-Hib dan IPV, serta imunisasi tambahan Campak-Rubella (usia 9-59 bulan).

“Manfaat dari pemberian imunisasi untuk anak adalah dapat mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, rubella, polio, difteri, pertusis/batuk rejan, Hepatitis B, pneumonia (radang paru) dan meningitis (radang selaput otak),” ujar Erna Nuraena kepada Bogordaily.net, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Erna menjelaskan, bagi anak yang ingin melakukan imunisasi cukup datang ke fasilitas pelayanan kesehatan dengan membawa kartu keluarga dan buku KIA. Anak yang dapat diimunisasi adalah anak yang dalam kondisi sehat, apabila anak dalam kondisi sakit pemberian imunisasi dapat ditunda sampai kondisi membaik.

“Bagi orang tua yang memiliki anak usia 9-59 bulan ayo segera membawa putra dan putrinya datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk di imunisasi agar anak kita sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit,” ujarnya.

“Kita juga melibatkan semua dokter spesialis dan mensosialisasikan langsung ke masyarakat. Memang ada yang menolak dan khawatir dan ada juga blank spot yang pemahamannya belum tahu disitu kita kemudian mendatangkan dokter spesialis untuk melakukan edukasi dan sosialisasi,” ungkapnya.(Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here