Heboh, Dana BLT Dipotong Bu Kades, Akhirnya Dikembalikan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Viral ยท 26 Sep 2022 13:48 WIB

Heboh, Dana BLT Dipotong Bu Kades, Akhirnya Dikembalikan


 Bantuan BLT BBM Sudah Bisa Dicek Sekarang, Selasa, 6 September 2022. (pikiranrakyat/Bogordaily.net) Perbesar

Bantuan BLT BBM Sudah Bisa Dicek Sekarang, Selasa, 6 September 2022. (pikiranrakyat/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Viral potongan bantuan dana BLT BBM di Kabupaten Blora, dengan dalih infaq pembangunan tempat ibadah, akhirnya dikembalikan kepada warga. Pengembalian uang itu disaksikan langsung oleh Bupati Blora Arif Arief Rohman.

Penyunatan bantuan dana BLT bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 20.000 oleh istri perangkat desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah sempat viral.

Kasus pemotongan BLT BBM itu bahkan membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan reaksi keras.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, istri perangkat desa tersebut sudah meminta maaf. Di samping itu, Arief menuturkan bahwa uang potongan BLT BBM sekitar Rp 800.000 yang dikumpulkan pelaku sudah dikembalikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Terkait kejadian itu, Arief memperingatkan untuk tidak memotong bantuan pemerintah dengan alasan apa pun.

“Ini sebagai peringatan untuk tempat-tempat lainnya, jangan melakukan hal ini. Kalau melakukan hal ini ya kita tidak tolerir lagi,” ujarnya seperti dikutip dari kompascom, Rabu 21 September 2022.

Arief menjelaskan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat agar pelaku dibina terlebih dahulu. Ia menerangkan, pihaknya telah memanggil oknum tersebut untuk dimintai keterangan. Langkah yang sama juga dilakukan kepolisian.

“Kita sudah panggil dari dinas dan dari kepolisian, yang bersangkutan sudah minta maaf dan tidak akan mengulangi lagi,” ucapnya.

Kronologi pemotongan BLT BBM

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Randublatung AKP Les Pujianto menyampaikan, peristiwa itu terjadi setelah warga menerima uang BLT BBM.

“Pelaksanaan pencairan BLT BBM pada hari Sabtu 17 September 2022 di kantor balai Desa Pilang, kurang lebih jumlah 446 KPM,” ungkapnya, Selasa 20 September 2022 seperti dikutip dari kompascom.

Dari 446 KPM, tidak semuanya menerima bantuan karena persyaratannya kurang lengkap. Selang beberapa saat, pelaku mengumpulkan warga di rumahnya. Kemudian terjadilah peristiwa itu.

“Terus malamnya ada viral, kemudian anggota kami tak suruh melacak, memang sebelumnya informasinya sudah ada komunikasi dari istrinya kadus (kepala dusun) Nglego (Desa Sumberejo),” tuturnya.

Pujianto mengungkapkan, seusai kepolisian turun tangan, istri perangkat desa tersebut lantas mengembalikan uang pungutan yang diterimanya.

“Memang dia menyadari terus akhirnya uang itu dikembalikan, dan informasi terakhir kemarin sudah diadakan pemeriksaan dari pihak Satreskrim Polres Blora, dan anggota kami. Dan sudah ditangani dan direspons,” jelasnya.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Viral, Imam Masjid di Pondok Gede Dihajar saat Imami Salat Maghrib. Ini Videonya!

2 Desember 2022 - 14:06 WIB

Viral, Imam Masjid di Pondok Gede Dihajar saat Imami Salat Maghrib. Ini Videonya!

Gagal Jadi Ketua LPM, Si Bangor Minta Amplop Dikembalikan

2 Desember 2022 - 13:37 WIB

Teler Berat, Seorang Pria Tidur di Pinggir Fly Over Taman Cibodas Viral

2 Desember 2022 - 10:05 WIB

Teler, Pria Ini Tertidur dipinggir Flyover Taman Cibodas

Viral, Kisah Pilu Guru Honorer Rela Naik Turun Gunung Demi Mengajar Anak Didiknya

1 Desember 2022 - 21:15 WIB

Guru Honorer naik turun gunung

Horor, Motor Jalan Sendiri Hingga Tabrak Dispenser Pom Bensin di Bandung

1 Desember 2022 - 19:25 WIB

Motor jalan sendiri

Detik-Detik Begal Payudara Beraksi ke Emak-Emak, Videonya Viral

1 Desember 2022 - 15:02 WIB

Trending di Viral