Friday, 3 May 2024
HomeKulinerJangan Sampai Keliru, Madu Gak Boleh Dicampur Air Panas, Lho!

Jangan Sampai Keliru, Madu Gak Boleh Dicampur Air Panas, Lho!

Bogordaily.net – Saat ini menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Namun sayangnya, masih banyak orang yang keliru ketika membuat minuman dari . Kebanyakan dari mereka mencampurkan dengan air panas, padahal gak boleh dicampur air panas, lho!

sendiri memang punya banyak manfaat pada tubuh. sendiri punya kandungan gula alami di dalamnya.

Ketika gula tersebut diberi panas, bakalan mengeluarkan kimia bernama 5-hydroxymethylfurfural yang dipercaya mengandung karsinogen atau beracun!

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pakar, seperti yang dilansir dari laman kompas.com, Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah M.S, mengatakan sebaiknya tidak dicampur dengan air panas.

sebaiknya dicampur dengan air hangat suam-suam kuku agar lebih cepat diserap oleh tubuh. Suhu air tersebut tidak boleh lebih dari 60°C.

juga sebaiknya jangan dimasak karena proses pemasakan tersebut akan menyebabkan nutrisi di dalam madu akan menghilang, meskipun rasa manis dari madu tetap bisa kamu rasakan.

Agar kamu bisa mendapatkan khasiat madu, kamu perlu mengonsumsinya dengan cara yang benar. Ikuti aturan minum madu dalam jumlah yang telah dianjurkan. Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula.

Cara mengonsumsi madu cukup bervariatif, bisa dicampurkan ke dalam teh, dicampur yoghurt, dicampur oatmeal atau menu sarapan pagi, dan menjadi saus dressing pada salad.

Sebelum mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan tekstur dari madu. Madu yang bagus akan bertekstur tebal dan ketika diaduk bersama air akan bergerak sangat lambat. Sebaiknya, jangan memilih madu bertekstur cair seperti sirop dan tidak terlalu lengket di tangan. Kondisi madu juga bisa dicek dari aromanya. Biasanya, madu yang baik cenderung beraroma bunga.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here