Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJarang Diketahui, 3 Tumbuhan yang Bisa Redakan Asam Urat

Jarang Diketahui, 3 Tumbuhan yang Bisa Redakan Asam Urat

Bogordaily.net – Asam Urat adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar asam urat yang melebihi ambang batas normal. Hal tersebut dapat terjadi karena pola makan yang kurang teratur atau kondisi psikologis kurang stabil, seperti halnya stress. Terdapat beberapa tumbuhan yang dapat redakan asam urat tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut asam urat tradisional yang bisa dibuat di rumah:

1. Daun Salam

Pada umumnya daun salam lebih terkenal sebagai salah satu bumbu dapur yang dapat menciptakan rasa yang lebih lezat pada masakan. Namun di sisi lain, daun salam ternyata juga memiliki manfaat sebagai tanaman asam urat.

Tanaman salam mengandung tanin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri yang terdiri dari sitrat dan eugenol. Daun salam (Syzygium polyanthum Wight) mampu memperbanyak produksi urin (diuretik) sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Cara mengolah daun salam asam urat dapat dimulai seperti di bawah ini.

Bersihkan 5-10 lembar daun salam yang sudah berwarna hijau tua dengan air. Selanjutnya, daun salam dipotong dan diremas untuk dapat mengeluarkan sarinya.

Setelah itu, sari daun salam direbus dengan tiga gelas air putih hingga air berkurang sepertiganya. Lalu, air rebusan daun salam dapat diminum sebagai asam urat sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

2. Daun Sirsak

Tanaman sirsak merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Selain buahnya yang lezat dan kaya nutrisi, daun sirsak juga memiliki sejuta manfaat, salah satunya sebagai asam urat yang ampuh dan alami. Cara membuat obat asam urat alami dari daun sirsak bisa dilihat berikut ini.

Bersihkan daun sirsak sebanyak 5-10 lembar dengan air yang mengalir, Kemudian, daun sirsak dipotong dan diremas untuk dapat mengeluarkan sarinya. Setelah itu, daun sirsak direbus dengan dua gelas air putih hingga jumlahnya berkurang menjadi setengah takaran awal.

Selanjutnya, air rebusan daun sirsak dapat diminum sebagai obat asam urat sebanyak dua kali sehari secara rutin.

3.

atau sepang adalah jenis tanaman berduri dengan daun yang berukuran kecil. Tanaman ini sekilas mirip dengan tanaman petai china yang berwarna kehijauan dan akan berubah warna menjadi kecoklatan saat semakin menua.

Bagian tanaman bernama latin Caesalpania Sappan L yang paling sering digunakan adalah bagian batang kayu. Kayu dapat berkhasiat sebagai obat asam urat yang alami.

Terapi yang diberikan untuk pengobatan secara alami dilakukan dengan memberikan rebusan yang dijadikan air minum.

Air rebusan dapat dikonsumsi minimal selama 14 hari berturut-turut untuk dapat menurunkan kadar asam urat tanpa memerlukan terapi farmakologi.

Nah tadi beberapa ramuan dari tanaman yang bisa redakan asam urat. Semoga bermanfaat!***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here