Jarang Diketahui, 3 Tumbuhan yang Bisa Redakan Asam Urat

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kesehatan · 30 Sep 2022 12:11 WIB

Jarang Diketahui, 3 Tumbuhan yang Bisa Redakan Asam Urat


 Daun Sirsak. (CNN/Bogordaily.net) Perbesar

Daun Sirsak. (CNN/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Asam Urat adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar asam urat yang melebihi ambang batas normal. Hal tersebut dapat terjadi karena pola makan yang kurang teratur atau kondisi psikologis kurang stabil, seperti halnya stress. Terdapat beberapa tumbuhan yang dapat redakan asam urat tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut obat asam urat tradisional yang bisa dibuat di rumah:

1. Daun Salam

Pada umumnya daun salam lebih terkenal sebagai salah satu bumbu dapur yang dapat menciptakan rasa yang lebih lezat pada masakan. Namun di sisi lain, daun salam ternyata juga memiliki manfaat sebagai tanaman obat asam urat.

Tanaman salam mengandung tanin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri yang terdiri dari sitrat dan eugenol. Daun salam (Syzygium polyanthum Wight) mampu memperbanyak produksi urin (diuretik) sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Cara mengolah daun salam obat asam urat dapat dimulai seperti di bawah ini.

Bersihkan 5-10 lembar daun salam yang sudah berwarna hijau tua dengan air. Selanjutnya, daun salam dipotong dan diremas untuk dapat mengeluarkan sarinya.

Setelah itu, sari daun salam direbus dengan tiga gelas air putih hingga air berkurang sepertiganya. Lalu, air rebusan daun salam dapat diminum sebagai obat asam urat sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

2. Daun Sirsak

Tanaman sirsak merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Selain buahnya yang lezat dan kaya nutrisi, daun sirsak juga memiliki sejuta manfaat, salah satunya sebagai obat asam urat yang ampuh dan alami. Cara membuat obat asam urat alami dari daun sirsak bisa dilihat berikut ini.

Bersihkan daun sirsak sebanyak 5-10 lembar dengan air yang mengalir, Kemudian, daun sirsak dipotong dan diremas untuk dapat mengeluarkan sarinya. Setelah itu, daun sirsak direbus dengan dua gelas air putih hingga jumlahnya berkurang menjadi setengah takaran awal.

Selanjutnya, air rebusan daun sirsak dapat diminum sebagai obat asam urat sebanyak dua kali sehari secara rutin.

3. Secang

Secang atau sepang adalah jenis tanaman berduri dengan daun yang berukuran kecil. Tanaman ini sekilas mirip dengan tanaman petai china yang berwarna kehijauan dan akan berubah warna menjadi kecoklatan saat semakin menua.

Bagian tanaman bernama latin Caesalpania Sappan L yang paling sering digunakan adalah bagian batang kayu. Kayu secang dapat berkhasiat sebagai obat asam urat yang alami.

Terapi yang diberikan untuk pengobatan secara alami dilakukan dengan memberikan rebusan secang yang dijadikan air minum.

Air rebusan secang dapat dikonsumsi minimal selama 14 hari berturut-turut untuk dapat menurunkan kadar asam urat tanpa memerlukan terapi farmakologi.

Nah tadi beberapa ramuan dari tanaman yang bisa redakan asam urat. Semoga bermanfaat!***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wajib Coba! Nih Buah yang Bagus untuk Kulit Kering

29 November 2022 - 10:56 WIB

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Tubuh

28 November 2022 - 19:57 WIB

manfaat biji alpukat

4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

28 November 2022 - 16:16 WIB

manfaat lada hitam

Manfaat Anak Main Game, Tingkatkan Kemampuan Kognitif 

27 November 2022 - 20:05 WIB

main game

Selain Dehidrasi, Waspada 5 Bahaya Mengancam Jika Kekurangan Minum Air Putih

27 November 2022 - 19:40 WIB

Kekurangan Minum

Banyak Ditemukan di Jalan, Berikut Manfaat Bunga Telang

27 November 2022 - 11:27 WIB

manfaat bunga telang
Trending di Kesehatan