Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalJatuh di Selat Madura, Ini Lokasi Keberadaan Pesawat TNI AL  

Jatuh di Selat Madura, Ini Lokasi Keberadaan Pesawat TNI AL  

Bogordaily.net  Keberadaan jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di , Jawa Timur mulai menemukan titik terang.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan menyebut pihaknya sudah mendapatkan titik diduga keberadaan pesawat latih yang jatuh tersebut.

“Info dari Pangkoarmada dua yang langsung di lapangan melaporkan bahwa diduga titik yang ditemukan ini mudah-mudahan bangkai pesawat tersebut karena selain kita menggunakan alat peralatan sonar yang ada di kapal, itu menampilkan wujud atau siluet bentuk badan pesawat,” kata Dwika di Mabes AL, Cilangkap, sebagaimana dikutip dari Detik.com, Rabu, 7 September 2022.

Dwika mengungkapkan, titik tersebut didapat dari tangkapan sonar yang digunakan dalam proses pencarian. Hasil dari pemantauan, pesawat tersebut ditemukan jatuh di kedalaman 10 hingga 15 meter di bawah laut.

“Memang secara gambar yang ada di sonar itu bentuknya hanya siluet. Masih terlihat bentuk pesawatnya di kedalaman antara 10-15 meter,” ujarnya.

Meski demikian, Dwika masih belum memastikan kondisi dua kru yang berada di dalam pesawat. Sebab alat sonar hanya bisa menampilkan siluet pesawat.

“Hasil yang dilihat dari layar monitor sonar adalah bentukan hanya siluet pesawat. Jadi Kita tidak bisa detail melihat apakah masih ada kru kondisi seperti apa memang tidak terlihat karena itu bentuknya hanya siluet,” jelasnya.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkap identitas pilot yang menerbangkan pesawat tersebut.

“Tercatat pesawat tersebut diterbangkan Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady NRP 22360/P,” kata Julius dalam jumpa pers di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kopilot yang mendampingi Judistira Eka permadi adalah Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan mengatakan hingga kini kondisi keduanya masih belum dipastikan.

“Kondisi pilot juga masih belum bisa kita pastikan,” ujarnya

Sebelumnya diberitakan jenis G-36 Bonanza T-2503 terjatuh di , Jawa Timur (Jatim). TNI AL saat ini sedang berupaya mencari awak dan pesawat itu.

Pesawat itu dilaporkan terjatuh di antara wilayah Bangkalan dan Gresik, yang merupakan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Kecelakaan terjadi pada pagi tadi.

Penerbangan pesawat G-36 Bonanza T-2503 itu terekam dalam data aplikasi Flightradar24. Diperkirakan pesawat tersebut sudah mengudara sekitar 10 menit. Pesawat lepas landas sekitar pukul 08.44 WIB. Dalam aplikasi Flightradar24, tampak pesawat tersebut terbang ke arah utara. Alur atau rute penerbangan pesawat itu lalu terputus sekitar pukul 08.54 WIB. Titik terakhir pesawat itu berada di perairan di antara Gresik dan Bangkalan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here