Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaKeren, Astronot China Berhasil Menanam Padi Diluar Angkasa

Keren, Astronot China Berhasil Menanam Padi Diluar Angkasa

Bogordaily.net – Baru-baru ini, tim asal membuktikan pencapaiannya atas keberhasilan mereka padi diluar angkasa.

Para di stasiun ruang angkasa Tiangong sedang memamerkan tumbuhan hasil eksperimen yang diharapkan para peneliti akan menjelaskan efek gravitasi rendah pada pertumbuhan tanaman.

Melansir dari South Morning Post, tanaman Arabidopsis thaliana tau dikenal sebagai selada thale telah menumbuhkan daun di stasiun ruang angkasa. Sementara tanaman padi berbiji panjang telah mencapai ketinggian sekitar 30cm (11,8 inci).

Keberhasilan para peneliti ini diharapkan menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan teknik dari biji ke biji. Dalam arti lain, tanaman padi yang ditanam di Stasiun Luar Angkasa Tiangong itu bisa menghasilkan biji hingga akhirnya dipanen.

“Diharapkan percobaan ini akan menjadi yang pertama di dunia untuk mencapai budidaya padi ‘dari biji ke biji' di bawah gayaberat mikro di ruang angkasa ,” kata Zheng Huiqiong, peneliti di CAS Center for Excellence in Molecular Plant Sciences.

Benih dikirim ke luar angkasa dengan modul Wentian, lalu diluncurkan dan ditambatkan dengan modul utama stasiun luar angkasa pada 24 Juli. Beberapa hari kemudian, anggota misi Shenzhou 14 mulai menyiapkan eksperimen untuk melihat bagaimana tanaman akan bertumbuh di luar angkasa.

Pada akhir September, para akan memanen benih dan mengumpulkan sampel tanaman, kata Zhao Liping, kepala perancang modul Wentian, dalam sebuah wawancara televisi.

Selama lebih dari dua dekade, tim peneliti Zheng telah mempelajari bagaimana perubahan gravitasi mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Mereka melakukan serangkaian percobaan pada misi Shenzhou 4, Shenzhou 8 dan Tiangong-2.

Budidaya tanaman sangat penting bagi rencana untuk menjelajahi luar angkasa. Makanan yang ditanam di Bumi tidak akan bertahan dan memenuhi kebutuhan jangka panjang para dalam misi ke Mars atau lebih jauh, menurut Zheng dan rekan-rekannya.

Tantangan besar terletak pada lingkungan. Tanaman harus terlindung dari kondisi vakum dan radiasi kosmik ruang, serta adanya ruang terbatas dan pasokan energi untuk budidaya di stasiun ruang angkasa.

Akibatnya, tanaman luar angkasa harus memiliki hasil tinggi, tumbuh dengan cepat dan mengkonsumsi energi minimal, menurut tim Zheng.

“Hanya beberapa tanaman seperti rapeseed, gandum, dan kacang polong yang berhasil menghasilkan benih di luar angkasa dalam percobaan,” kata Zheng.

Tantangan bagi pertumbuhan tanaman di luar angkasa adalah pembungaan yang tertunda, penurunan kualitas benih dan tingkat pengaturan benih yang lebih rendah.

Di Bumi, periode sinar matahari yang lebih lama mempercepat pembungaan di selada thale, tetapi tim Zheng menemukan periode cahaya yang lama gagal mempercepat pembungaan di bawah gravitasi mikro.

Selada thale termasuk dalam keluarga besar sayuran, termasuk bok choy dan rapeseed, sedangkan padi mirip dengan tanaman biji-bijian lainnya, seperti gandum dan jagung. Penelitian pada dua tanaman dapat mengarah pada solusi yang lebih luas untuk tantangan menanam tanaman di luar angkasa.

“Eksperimen dalam modul lab Wentian ini akan fokus pada bagaimana gravitasi mikro memengaruhi pembungaan dan bagaimana para peneliti dapat mengontrol siklus pemekaran di bawah gravitasi mikro,” kata Zheng.

“Semoga percobaan ini akan memberikan panduan teoretis untuk produksi biji-bijian luar angkasa.”(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here