Lpj Mandeg, Anggaran Desa di Kabupaten Bogor Bakal Distop

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kabupaten Bogor · 29 Sep 2022 16:49 WIB

Lpj Mandeg, Anggaran Desa di Kabupaten Bogor Bakal Distop


 Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Irfan/Bogordaily.net) Perbesar

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Irfan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengingatkan, jika Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) dari program bantuan keuangan infrastruktur desa tahun 2021, anggaran desa di Kabupaten Bogor tersebut bakal distop.

Itu merupakan langkah Pemkab Bogor untuk mengakali defisit anggaran yang sudah diajukan dalam RAPBD-P dalam paripurna di DPRD Kabupaten Bogor, Kamis, 29 September 2022.

Iwan mengatakan, terdapat defisit antara pendapatan dan belanja sebesar Rp 1,2 triliun yang disebabkan oleh kebutuhan belanja daerah yang melampaui pendapatan daerah.

“Realnya, defisit sebesar Rp 549 miliar, karena ke tutup oleh silpa,” paparnya.

Untuk menutup defisit tersebut, Pemkab Bogor akan melakukan sejumlah realisasi anggaran. Salah satunya dengan tidak memberikan alokasi anggaran kepada desa di Kabupaten Bogor, yang tidak selesai melaporkan laporan Pertanggungjawaban dari program bantuan keuangan infrastruktur desa tahun 2021 lalu.

“Sekarang, kita bahas agar tidak defisit. Mungkin ada beberapa desa yang tidak dicairkan, karena LPJ (laporan Pertanggungjawaban) nya tidak masuk,” ujar Plt Bupati Kabupaten Bogor, H. Iwan Setiawan saat memberikan keterangan kepadaw wartawan.

“Konsekuensinya, dari awal ini sesuai dengan laporan yang di dapat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang tahun kemarin,” tutur Iwan.

Selain itu, dia juga akan menggeser program-program yang tidak prioritas untuk menutup defisit tersebut. “Makanya mungkin akan ada kegiatan yang di drop atau di geser, tutup Plt Bupati Bogor.

Dalam RAPBD-P ,  Plt Bupati menyampaikan beberapa poin yang tertuang dalam dokumen APBD-P Tahun 2022 itu.

Poin tersebut yakni, terdapat kegiatan yang bersumber dari penerimaan dana transfer, penganggaran gaji dan tunjangan PPPK, perubahan pada belanja bagi hasil pajak dan retribusi daerah kepada desa, serta perubahan belanja bantuan keuangan kepada desa atau samisade.

Dia menuturkan, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 8,7 triliun. Selain itu, belanja daerah ditargetkan sebesar Rp 9,9 triliun dan pembiayaan daerah yang ditargetkan sebesar Rp 684 miliar.(Mutia Dheza Cantika/Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, 29 November 2022, Cek di Sini

29 November 2022 - 06:56 WIB

jadwal sim keliling

Prakiraan Cuaca Bogor Hari Ini: Hujan Petir Sore Hari

29 November 2022 - 06:38 WIB

Cuaca Bogor Hari Ini 22 Oktober 2022.

Polsek Parung dan Ormas BPPKB Banten Ciseeng, Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

28 November 2022 - 19:31 WIB

bantuan gempa

172 Korban Terdampak Gempa Cianjur, Ngungsi di Kecamatan Cisarua

28 November 2022 - 18:26 WIB

Korban Gempa Cianjur

Pemkab Bogor Berikan Bantuan Sosial Untuk Korban Terdampak Gempa di Cianjur

28 November 2022 - 18:15 WIB

gempa di Cianjur

Jalan Sempit, Warga Tamansari Sakit Ditandu hingga Meninggal

28 November 2022 - 16:46 WIB

Trending di Kabupaten Bogor