Dear Orang Tua, Ini Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kesehatan · 30 Sep 2022 20:44 WIB

Dear Orang Tua, Yuk Lakukan! Ini Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan


 Ilustrasi ibu dan anak. (Dok. Elements/Envato/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi ibu dan anak. (Dok. Elements/Envato/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Pelukan dan sentuhan fisik tak kalah penting perannya dalam proses pengasuhan. Memeluk anak tidak hanya sebagai bentuk kasih sayang orang tua kepada ternyata memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dilansir dari laman Hellosehat.com, berikut manfaat memeluk anak terutama bagi kesehatan:

Memperkuat sistem kekebalan tubuh anak

Memeluk anak bermanfaat untuk membantu kinerja kelenjar timus. Kelenjar ini berperan dalam memproduksi sel darah putih yang baik untuk sistem pertahanan tubuh anak. Bila anak sering dipeluk, imunitasnya pun akan meningkat.

Melancarkan metabolisme tubuh

Dilansir dari situs Children’s Hospital of Los Angeles, pelukan dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh seperti peredaran darah, pernapasan, dan pergerakan otot. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan anak.

Memberikan rasa hangat

Anak yang masih bayi sulit menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan sekitar sehingga ia sering kali merasa kedinginan dan lebih mudah terserang flu. Memeluk anak dapat memberikan kehangatan dan melatihnya untuk mengatur suhu tubuh yang sesuai.

Membantu mengatur irama jantung

Pelukan dapat membantu menetralkan detak jantung anak bila ia merasa tegang atau ketakutan. Saat memeluk anak, jantung Anda dan anak menjadi berdekatan. Irama jantung anak seolah dapat dipengaruhi oleh irama jantung Anda.  Pada bayi yang baru lahir, hal ini bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantungnya.

Membantu meredakan nyeri

Penelitian dari King’s College London menyatakan bahwa pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini dapat memberikan efek anti nyeri pada tubuh. Bila anak merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, cobalah memeluknya agar rasa sakitnya mereda.

Memperbaiki pola tidur

Rasa nyaman yang diperoleh saat anak dipeluk dapat membuatnya kualitas tidurnya lebih baik. Oleh karena itu, biasakan memeluk anak sebelum ia tidur agar ia bisa tidur lebih nyenyak.

Menaikkan berat badan bayi

Melansir situs My Cleveland Clinic, orangtua dianjurkan untuk memberikan perawatan yang disebut kangaroo mother care (KMC) pada bayi yang memiliki berat badan lahir rendah. Metode yang dilakukan dengan cara sering memeluk dan menggendong bayi ini terbukti dapat membantu menaikkan berat badannya.

Menghindari anak dari rasa stress dan cemas

Meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh menjadi manfaat memeluk anak selanjutnya. Hormon ini dapat mengurangi ketegangan saraf sehingga anak tidak mudah stres atau cemas.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat Untuk Tubuh

28 November 2022 - 19:57 WIB

manfaat biji alpukat

4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

28 November 2022 - 16:16 WIB

manfaat lada hitam

Manfaat Anak Main Game, Tingkatkan Kemampuan Kognitif 

27 November 2022 - 20:05 WIB

main game

Selain Dehidrasi, Waspada 5 Bahaya Mengancam Jika Kekurangan Minum Air Putih

27 November 2022 - 19:40 WIB

Kekurangan Minum

Banyak Ditemukan di Jalan, Berikut Manfaat Bunga Telang

27 November 2022 - 11:27 WIB

manfaat bunga telang

Lima Makanan yang Bikin Kenyang, Bisa Atasi Perut Buncit

26 November 2022 - 16:03 WIB

perut buncit
Trending di Kesehatan