Friday, 19 April 2024
HomeBeritaDear Orang Tua, Yuk Lakukan! Ini Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan

Dear Orang Tua, Yuk Lakukan! Ini Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan

Bogordaily.net–  Pelukan dan sentuhan fisik tak kalah penting perannya dalam proses pengasuhan. Memeluk tidak hanya sebagai bentuk kasih sayang orang tua kepada ternyata memberikan berbagai bagi kesehatan dan tumbuh kembang . Dilansir dari laman Hellosehat.com, berikut memeluk terutama bagi kesehatan:

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Memeluk bermanfaat untuk membantu kinerja kelenjar timus. Kelenjar ini berperan dalam memproduksi sel darah putih yang baik untuk sistem pertahanan tubuh . Bila sering dipeluk, imunitasnya pun akan meningkat.

Melancarkan metabolisme tubuh

Dilansir dari situs Children's Hospital of Los Angeles, pelukan dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh seperti peredaran darah, pernapasan, dan pergerakan otot. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan anak.

Memberikan rasa hangat

Anak yang masih bayi sulit menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan sekitar sehingga ia sering kali merasa kedinginan dan lebih mudah terserang flu. Memeluk anak dapat memberikan kehangatan dan melatihnya untuk mengatur suhu tubuh yang sesuai.

Membantu mengatur irama jantung

Pelukan dapat membantu menetralkan detak jantung anak bila ia merasa tegang atau ketakutan. Saat memeluk anak, jantung Anda dan anak menjadi berdekatan. Irama jantung anak seolah dapat dipengaruhi oleh irama jantung Anda.  Pada bayi yang baru lahir, hal ini bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantungnya.

Membantu meredakan nyeri

Penelitian dari King's College London menyatakan bahwa pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini dapat memberikan efek anti nyeri pada tubuh. Bila anak merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, cobalah memeluknya agar rasa sakitnya mereda.

Memperbaiki pola tidur

Rasa nyaman yang diperoleh saat anak dipeluk dapat membuatnya kualitas tidurnya lebih baik. Oleh karena itu, biasakan memeluk anak sebelum ia tidur agar ia bisa tidur lebih nyenyak.

Menaikkan berat badan bayi

Melansir situs My Cleveland Clinic, orangtua dianjurkan untuk memberikan perawatan yang disebut kangaroo mother care (KMC) pada bayi yang memiliki berat badan lahir rendah. Metode yang dilakukan dengan cara sering memeluk dan menggendong bayi ini terbukti dapat membantu menaikkan berat badannya.

Menghindari anak dari rasa stress dan cemas

Meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh menjadi memeluk anak selanjutnya. Hormon ini dapat mengurangi ketegangan saraf sehingga anak tidak mudah stres atau cemas.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here