Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMeksiko Porak Poranda Diguncang Gempa Dahsyat

Meksiko Porak Poranda Diguncang Gempa Dahsyat

Bogordaily.net porak poranda diguncang gempa dahsyat Pada Senin (19/9), tepat dua tahun bencana gempa dahsyat, menewaskan sedikitnya satu orang, menghancurkan bangunan, menyebabkan listrik padam, dan membuat warga berhamburan mencari perlindungan.

Satu orang tewas di pelabuhan Pacific Manzanillo ketika atap sebuah mal ambruk menimpanya, kata pemerintah.

Otoritas juga melaporkan kerusakan di sejumlah rumah sakit di Negara Bagian Michoacan dekat pusat gempa, wilayah yang jarang penduduk.

Satu orang terluka akibat terkena pecahan kaca di salah satu rumah sakit, katanya.

Gempa bermagnitudo 7,6 mengguncang tak lama setelah pukul 13.00 waktu setempat di dekat pantai barat dan dekat perbatasan Michoacan dengan Negara Bagian Colima – lokasi Manzanillo berada, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Porak Poranda Diguncang Gempa Dahsyat

Gempa cukup dangkal, dengan kedalaman hanya 15 km. Pacific Tsunami Warning Center AS mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa wilayah pantai , mengatakan potensi ketinggian gelombang dapat mencapai 1-3 meter di atas permukaan air pasang.

Wali Kota Mexico City Claudia Sheinbaum menuturkan bahwa belum ada laporan langsung mengenai kerusakan parah di ibu kota pasca gempa, yang melanda tepat di hari yang sama gempa mematikan terjadi pada 1985 dan 2017.

“Seperti sebuah kutukan,” kata desainer grafis di lingkungan pusat kota Roma, Isa Montes. Menurutnya, saat terjadi gempa ada helikopter yang sedang terbang mengamati kota tersebut.

National Autonomous University of Mexico (UNAM), salah satu lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di negara itu, menyebutkan bahwa tidak ada penjelasan ilmiah tentang tiga gempa dahsyat yang terjadi di hari yang sama. Hanya kebetulan saja, katanya.

Ribuan orang tewas saat terjadi gempa pada 19 September 1985 dan lebih dari 350 orang tewas dalam bencana gempa 19 September 2017. [Antara/suara.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here