Memanas! Pendemo di Iran Bakar Kantor Polisi, 17 Orang Tewas

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Internasional · 23 Sep 2022 05:30 WIB

Memanas! Pendemo di Iran Bakar Kantor Polisi, 17 Orang Tewas


 Kericuhan terjadi dalam aksi demontrasi di Iran memprotes kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini.(AP/CNN Indonesia/Bogordaily.net) Perbesar

Kericuhan terjadi dalam aksi demontrasi di Iran memprotes kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini.(AP/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Aksi protes atas kematian Mahsa Amini, perempuan 22 tahun asal Iran yang meninggal tak lama setelah ditangkap polisi moral di Ibu Kota Teheran semakin memanas. Dilaporkan 17 orang tewas dalam protes yang berlangsung selama enam hari berturut-turut itu.

“Sebanyak 17 orang, termasuk pendemo dan petugas kepolisian, telah kehilangan hidup mereka dalam peristiwa yang berlangsung beberapa hari terakhir,” demikian pernyataan stasiun TV negara dikutip dari AFP.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebelumnya dalam sebuah video, seorang perempuan di Kota Kerman, Iran menggunting rambutnya yang terpampang secara publik tanpa tertutup hijab. Aksi ini dilakukan kala ribuan orang memprotes kematian Mahsa Amini pada Selasa, 20 September 2022 malam. Tujuh pendemo dan empat petugas keamanan dikabarkan tewas.

Sebanyak tiga personel paramiliter ditembak atau ditusuk hingga tewas di Kota Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur, Qazvin, Provinsi Qazvin, dan Mashhad, Provinsi Razavi Khorasan.

Selain itu, seorang petugas keamanan terbunuh dalam protes di Shiraz, Provinsi Fars.

Pejabat Iran membantah petugas keamanan negara itu terlibat dalam kematian beberapa pendemo. Tak hanya memakan korban jiwa, pendemo di Teheran dan sejumlah kota di Iran membakar kantor polisi dan beberapa kendaraan.

Diberitakan Reuters, dalam sebuah video, tampak satu kantor polisi di wilayah timur laut negara itu dibakar pendemo.

“Kami akan mati, kami akan mati, tetapi kami akan mendapatkan Iran kembali,” teriak para pemrotes dalam video itu.

Namun, Reuters belum dapat memverifikasi video tersebut. Tak hanya di wilayah timur laut, satu kantor polisi di Teheran turut dibakar.

Aksi protes di Iran terjadi berawal saat seorang perempuan bernama Mahsa Amini meninggal pada pekan lalu. Ia sempat ditangkap polisi moral Iran karena tak menggunakan pakaian yang sesuai. Saat ditahan, Amini jatuh dalam koma dan kemudian meninggal dunia.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Sadis! Penembakan Massal di Penitipan Anak Thailand, 34 Tewas

6 Oktober 2022 - 16:43 WIB

Politikus Ini Minta Prancis Tutup Lebih Banyak Masjid

6 Oktober 2022 - 09:11 WIB

Balas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal

6 Oktober 2022 - 08:41 WIB

Kepalang Tajir, Suporter Sepak Bola Sewa 60 Kapal Pesiar Jelang Piala Dunia Qatar

5 Oktober 2022 - 18:44 WIB

kapal pesiar piala dunia

Duh! China Diserang Krisis Baru: Generasi ‘Kaum Rebahan’

5 Oktober 2022 - 09:33 WIB

Keren! Petani di New York Bikin Rekor, Panen Labu Jumbo Seberat 1.158 Kg

4 Oktober 2022 - 16:24 WIB

Labu Jumbo
Trending di Internasional