Friday, 19 April 2024
HomeNasionalNgeri-Ngeri Sedap, Ini 5 Data yang Diklaim Berhasil Dibocorkan Bjorka

Ngeri-Ngeri Sedap, Ini 5 Data yang Diklaim Berhasil Dibocorkan Bjorka

Bogordaily.net – Kemunculan menjadi buah bibir di jagat media sosial. Ia mengklaim dirinya mampu meretas dan membobol sistem keamanan beberapa platform besar di Indonesia. Bila dirangkum berikut lima data yang diklaim telah dibocorkan oleh .

sudah berhasil meretas situs rahasia milik instansi maupun pejabat negara. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar data yang dibocorkan :

Berikut data-data yang diklaim telah dibocorkan oleh Bjorka.

1. Kebocoran data Pelanggan IndiHome

Bjorka mengklaim telah mengantongi 26 juta history browsing pelanggan IndiHome. Datanya mencakup keyword, email, nama, jenis kelamin, hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Namun perwakilan Telkom Group menyatakan, bahwa data-data yang bocor tidak valid dan merupakan hasil fabrikasi. Menurut Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Telkom tidak menggunakan email @telkom.net, baik untuk kepentingan perusahaan maupun layanan bagi pelanggan.

2. Kebocoran data Registrasi SIM Card Prabayar

Awalnya, Bjorka membobol 1,3 Miliar data pengguna SIM. Kevalidan data ini dibenarkan oleh Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya. mengklaim data ini diambil dari Kominfo.

3. 150 Juta Data Penduduk dari KPU

Bjorka menjual data sebanyak 150 juta data penduduk Indonesia dengan harga Rp 74 Juta. Bjorka mengklaim data ini diambil dari database Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Data ini disebar pada 6 September 2022. Data itu mencakup NIK, No KK, Nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, alamat, status stabilitas, dan lain sebagainya.

4. Kbocoran Data Dokumen Rahasia Presiden Republik Indonesia

Aktivitas nyolong data yang dilakukan Bjorka masih berlanjut. Bahkan setelah menyebut Kominfo bodoh, dia menargetkan dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia.

Setelah mengumumkan rencananya di Telegram, ini pun beraksi, dan kembali mengklaim berhasil merampas data rahasia Presiden RI periode 2019-2021 yang berukuran 189 MB. Di dalamnya, total ada 679.180 dokumen.

Kendati demikian, juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto menepis kabar dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden bocor. Ia menyatakan bahwa itu kabar bohong.

“Hoax itu, dokumen BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan semua dokumen pakai samaran,” kata Wawan kepada detikcom.

5. Kebocoran Data Pribadi Menkominfo Johnny G Plate

Kebocoran data yang terbaru datang secara personal dari Menkominfo Johnny G Plate. Dari tangkapan layar yang dibagikan oleh DarkTracer, ada beberapa informasi pribadi Johnny, seperti nomor telepon, nama lengkap, jenis kelamin, NIK, KK, alamat rumah, nama istri dan masih banyak lagi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here