Tuesday, 23 April 2024
HomeEkonomiPenasaran Soal Kenaikan Harga BBM? Ini Jawaban Jokowi  

Penasaran Soal Kenaikan Harga BBM? Ini Jawaban Jokowi  

Bogordaily.net  Kabar kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga kini belum ada kepastian. Pemerintah belum menaikan bersubsidi. Bahkan waktu rencana kenaikan juga belum ditentukan. Presiden Joko Widodo atau mengungkapkan perkembangan rencana kenaikan bersubsidi.

memastikan kenaikan belum akan dilakukan. Sebab pemerintah masih menghitung nilai penaikan bersubsidi, khususnya jenis solar dan pertalite.

“BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati,” kata Presiden usai seusai peluncuran teknologi “5G Smart Mining” di wilayah Tambang Grasberg, Mimika, Papua, dilansir Suara.com, Kamis, 1 September 2022.

Sebelumnya diberitakan, kuota BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite yang ditargetkan dalam APBN tahun ini akan habis pada Oktober. Tahun ini, anggaran subsidi BBM dan LPG mencapai Rp149,4 triliun, dan subsidi listrik mencapai Rp59,6 triliun.

Kompensasi BBM mencapai Rp252,5 triliun dan kompensasi listrik mencapai Rp41,0 triliun. Dengan itu, total anggaran subsidi dan kompensasi mencapai Rp502,4 triliun. Jumlah ini berpotensi membengkak hingga Rp698 triliun atau naik Rp195,6 triliun, apabila konsumsi terus meningkat. Hal itu karena harga jual eceran (HJE) BBM bersubsidi jauh lebih rendah dibandingkan harga jual seharusnya atau keekonomiannya.

Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga enggan berkomentar banyak.

“Kalau BBM, kita tunggu Presiden,” kata Luhut usai meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Badung, Bali, Rabu, 31 Agustus 2022.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting juga belum dapat memastikan kapan harga baru Pertalite dan Solar Subsidi akan diberlakukan. Saat ini, pihaknya juga masih menantikan keputusan tersebut.

“Belum ada info (kenaikan). Prinsipnya kami sebagai operator akan melaksanakan apa yang ditugaskan oleh regulator,” kata Irto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here