Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorPerumda PPJ Olah Sampah di Pasar Jadi Magot

Perumda PPJ Olah Sampah di Pasar Jadi Magot

Bogordaily.net – Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) melakukan program penguraian sampah organik, dengan memanfaatkan larva lalat jenis black soldier fly (BSF) atau magot.

Asisten Manager (Asmen) K3 Bidang Kebersihan Ahmad Nurfauzi mengatakan, formulasi BSF dipilih karena menjadi formulasi pengurai sampah yang ramah lingkungan.

“Keuntungan lainnya, sampah yang diurai oleh maggot tidak berbau karena terdapat zat probiotik yang mampu menangani bakteri pathogen dalam sampah. Sampah yang ditangani oleh maggot itu tidak ada bau,” kata Nurfauzi, Jumat 23 September 2022.

Nurfauzi menyampaikan, memaksimalkan magot, Perumda PPJ terkendala dalam memilah antara sampah organik dan non-organik yang belum dipilah oleh pembuang sampah.

Sebab, kata dia, tempat penampungan sampah di pasar tradisional tidak hanya menampung sampah dari pasar, tapi juga dari warga sekitar dan yang lainnya. Mereka belum memilah sampah sebelum dibuang ke TPS.

“Hal itu menjadi kendala tersendiri bagi Perumda untuk melakukan formulasi maggot. Ini yang menjadi kendala bagi kita, sehingga kita kesulitan untuk memboomingkan program mengurai sampah dengan maggot,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau warga yang membuang sampah di penampungan pasar di Kota Bogor untuk memilah dan memisahkan sampah organik dan non-organik terlebih dahulu sebelum membuangnya.

Seperti diketahui, bahwa BSF atau maggot adalah larva serangga yang dapat mengubah material sampah organik menjadi biomassa.

Sebab, maggot memiliki kemampuan mengurai sampah organik 1-3 kali dari bobot tubuhnya selama 24 jam, bahkan bisa sampai 5 kali bobot tubuhnya.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here