Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalPesawat Latih TNI AL yang Jatuh di Selat Madura Ditemukan

Pesawat Latih TNI AL yang Jatuh di Selat Madura Ditemukan

Bogordaily.net–  Upaya pencarian pesawat latih TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di membuahkan hasil. Pesawat tersebut akhirnya ditemukan di kedalaman sekitar 15 meter dari permukaan laut pada Kamis, 8 September 2022.

“Kita sudah menemukan pesawat yang berada di bawah permukaan air,” kata Panglima Koarmada II Laksada TNI Dr TSNB Hutabarat MMS dalam rekaman video sebagaimana dilansir detikJatim, Rabu, 7 September 2022.

Pihaknya kini sedang melakukan upaya evakuasi bersama dan dikerahkan juga 13 KRI, satu Kapal Angkatan Laut (KAL), satu tim Kopaska, dan satu tim penyelam.

Sebelumnya diberitakan jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di , Jawa Timur (Jatim).

Penerbangan pesawat G-36 Bonanza T-2503 itu terekam dalam data aplikasi Flightradar24. Diperkirakan pesawat tersebut sudah mengudara sekitar 10 menit. Pesawat lepas landas sekitar pukul 08.44 WIB.

Dalam aplikasi Flightradar24, tampak pesawat tersebut terbang ke arah utara. Alur atau rute penerbangan pesawat itu lalu terputus sekitar pukul 08.54 WIB. Titik terakhir pesawat itu berada di perairan di antara Gresik dan Bangkalan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkap identitas pilot yang menerbangkan pesawat tersebut.

“Tercatat pesawat tersebut diterbangkan Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady NRP 22360/P,” kata Julius dalam jumpa pers di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kopilot yang mendampingi Judistira Eka permadi adalah Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here