Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalProfil dan Biodata Hacker Bjorka yang Bikin Heboh??

Profil dan Biodata Hacker Bjorka yang Bikin Heboh??

Bogordaily.net – Profil dan biodata diburu netizen. Setelah aksi gilanya meretas data milik Kemenkominfo.

Dia bahkan mengirim pesan menohok.

Profile dan biodata atau peretas itu kini terekspos ke publik usai dinilai sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kebocoran 1,3 miliar data registrasi SIM Card.

“Kalau bisa jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access,” ujar Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers pada Senin 5 September 2022.

Nama peretas tersebut semakin melejit saat Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo memintanya untuk tak melakukan serangan terhadap keamanan siber dalam negeri.

Sebelumnya, pihak Kementrian Kominfo juga mengaku bahwa kebocoran data tersebut bukan berasal dari mereka.

“Berdasarkan pengamatan atas penggalan data yang disebarkan oleh akun Bjorka, dapat disimpulkan bahwa data tersebut tidak berasal dari Kementerian Kominfo,” kata informasi resmi terkait pada Kamis 1 September 2022.

Sontak, kini Bjorka memberi jawaban menohok yang membuat dirinya semakin menjadi sosok pembicaraan hangat di tengah-tengah publik.

Lantas, siapa Bjorka sesungguhnya?

Peretas yang beroperasi di BreachForums

Hingga saat ini, belum diketahui identitas lengkap dari peretas Bjorka dan di negara mana ia beroperasi.

Namun, ia kerap nongol di sebuah situs keamanan siber bernama Breach Forums. Melalui situs tersebut, Bjorka dikabarkan menjual data pribadi warga Indonesia sebanyak 1,3 Miliar dengan harga US$50.000 atau sekitar Rp745,6 juta.

Sontak, sosok peretas tersebut mendapat perhatian khusus dari Kominfo yang mengecam dirinya karena peretasan tersebut menyerang masyarakat secara langsung.

“Kalau bisa jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access,” lanjut Semuel.

“Kalau mau mempermalukan pakai cara yang lain dong, jangan menyebarkan data masyarakat,” ujarnya lagi.

Usai Kominfo melayangkan kecaman tersebut, Bjorka kembali menggertak hingga melayangkan sebuah pesan menohok melalui tempatnya beroperasi yakni BreachForums.

Sekali lagi, Bjorka kembali melayangkan olok-olokan ke Kominfo sembari mengutip tangkapan layar berupa berita Suara.com yang berjudul ‘Pesan Kominfo ke : Kalau Bisa, Jangan Menyerang.'

Tak lupa, Bjorka memberi sebuah celetukan yang kini viral di media sosial.

“STOP BEING AN IDIOT (Berhentilah menjadi seorang idiot -red),” tulis Bjorka dalam unggahannya di forum Breached.to pada Senin (6/9/2022) kemarin.

Adapun Bjorka juga menyematkan label ‘Pesan Saya untuk Pemerintah Indonesia' dalam balasannya ke Kominfo itu.

Sontak, unggahan Bjorka tersebut viral di media sosial dan kembali membuatnya sosok yang mendapat perhatian khusus dari masyarakat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here