Puji Gubernur Jabar, Prabowo Lirik RK Cawapres

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Politik · 27 Sep 2022 06:15 WIB

Puji Gubernur Jabar, Prabowo Lirik RK Cawapres


 Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Elektabilitas Ridwan Kamil (RK) sebagai Cawapres menyongsong kontestasi Pilpres 2024 mendatang menjadi perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Menteri Pertahanan RI yang juga Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Di sejumlah survei, nama Ridwan Kamil bersaing ketat dengan tokoh nasional, baik sesama kepala daerah atau menteri pemerintahan Presiden Jokowi. Termasuk membayangi Prabowo di bursa capres.

Melihat dinamika politik demikian, saat berkesempatan hadir bersama Ridwan Kamil di acara Muktamar Persis di Kabupaten Bandung, Sabtu, 24 September 2022 Prabowo tak sungkan memuji sosok Kang Emil.

“Luar biasa apa yang disampaikan Gubernur Jawa Barat tentang pentingnya persatuan masyarakat Indonesia tadi. Saya lihat Pak Ridwan Kamil ini sudah mulai harus diperhitungkan,” katanya disambut riuh hadirin.

Prabowo mengungkapkan kedatangannya di Muktamar Persis merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi.

“Sebuah kehormatan besar bisa menghadiri muktamar ini. Tadi saya mendengar pidato pak Gubernur dan pak Ketum (Persis), dua-duanya luar biasa,” puji purnawirawan letnan jenderal TNI tersebut.

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, pujian Prabowo atas Ridwan Kamil adalah sinyal pihaknya melirik Ridwan Kamil sebagai pendamping di 2024. Sebab, elektabilitas Ridwan Kamil selama ini cukup diperhitungkan.

“Sangat jelas Prabowo sedang menimbang Ridwan Kamil jadi cawapres. Pernyataan itu tentu tak lepas dari posisi RK sebagai gubernur yang saat ini punya elektabilitas lumayan diperhitungkan,” kata Adi kepada wartawan, Minggu, 25 September 2022.

Melihat dua hasil survei terbaru dari Poltracking dan Charta Politika, masing-masing akhir Agustus dan pertengahan September 2022, nama Ridwan Kamil memang masuk jajaran elit tokoh politik nasional yang memiliki kans besar menduduki posisi RI 1 maupun RI 2.

Pada survei Poltracking yang dirilis 31 Agustus 2022, Ridwan Kamil menduduki posisi teratas sebagai capres. Elektabilitas Gubernur Jawa Barat itu mengungguli Erick Thohir, Sandiaga Uno, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa.

Sementara sebagai cawapres, nama Ridwan Kamil adalah jawaranya. Meraih 12,6 persen, Kang Emil kandidat terkuat RI 2 mengalahkan Sandiaga Uno (11,9%) Agus Harimurti Yudhoyono (11,7%) dan Erick Thohir (10,8%).

Sementara dalam survei Charta Politika yang dirilis 22 September 2022, elektabilitas Ridwan Kamil terhitung cukup baik. Menempel ketat nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan.

Sehingga wajar jika kemudian Prabowo memperhitungkan RK sebagai calon pendampingnya kelak. Melihat prestasi kepemimpinan Gubernur Jawa Barat itu, dan elektabilitasnya yang konsisten di tengah pemilih.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jokowi Kode Rambut Putih, Demokrat Bilang Tanda Penuaan

29 November 2022 - 12:23 WIB

Jokowi Sebut Ciri-Ciri Pemimpin Berambut Putih, PDIP Buka Suara

28 November 2022 - 17:49 WIB

pemimpin berambut putih

Soal Pergantian Menteri, Rizal Ramli Tak Pernah Minta Bicara Empat Mata dengan Jokowi

28 November 2022 - 14:15 WIB

ri

DPD NasDem Kota Bogor Kirimkan Lagi Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

28 November 2022 - 12:38 WIB

DPD NasDem Kota Bogor Kirimkan Lagi Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Kocak! Nih, Gaya Ridwan Kamil Usai Jokowi Kode Rambut Putih

28 November 2022 - 09:33 WIB

Jokowi Kode Rambut Putih, Ganjar Semir Jadi Hitam

28 November 2022 - 09:16 WIB

Trending di Politik