Friday, 26 April 2024
HomeKulinerRacikan Master Chef, Resep Sambal Matah ala Bali

Racikan Master Chef, Resep Sambal Matah ala Bali

Bogordaily.net – Ini racikan jebolan Master Chef Indonesia, ala Bali yang di buat oleh Chef Devina Hermawan. Penasaran mau bikin?

biasanya dijadikan pendamping nasi campur bali, lengkap dengan nasi, ayam betutu suwir, sate lilit, urap, telur pindang, dan kering teri kacang.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali karena bahan yang digunakan dapat dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional sekitar, dan cara membuatnya pun sederhana.

Jangan khawatir salah rasa, berikut gurih anti gagal khas Bali oleh Chef Devina Hermawan di kanal YouTube miliknya.

Bahan:

6 lembar daun jeruk ukuran besar, hilangkan bagian tulang
10-20 cabai rawit (sesuai selera)
25 siung bawang merah
2 siung bawang putih
7 gram terasi
2 batang serai, bagian dalam saja
½ sendok teh kaldu jamur/penyedap
50 ml minyak kelapa
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula
½ sendok teh jeruk nipis/limau/purut
Cara membuat ala Bali

Pertama, potong-potong serai, daun jeruk, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih, menjadi bagian kecil-kecil lalu campurkan di dalam piring, tambahkan sedikit garam dan kaldu jamur. Aduk-aduk lalu diamkan sebentar, supaya keluar sedikit air sehingga rasa nantinya lebih kuat.
Setelah itu, panaskan minyak kelapa dengan api sedang, jika sudah panas masukkan terasi yang sudah dipotong-potong kecil, masak sampai tidak menggumpal.

Jika minyak sudah benar-benar panas dan terasi tidak menggumpal, tuangkan minyak tersebut ke bahan yang sudah dicampur tadi lalu aduk sampai tercium bau bawang.

Selanjutnya, tambahkan perasan jeruk nipis (sebelum memotong, gulung-gulung jeruk terlebih dahulu supaya airnya keluar lebih banyak) aduk sampai perasan jeruk tercampur merata.
Setelah itu, tempatkan di tempat yang sudah disediakan.

siap dinikmati
Selain dibuat dengan bahan-bahan di atas, tidak jarang juga ditambahkan bahan pelengkap, seperti ikan tongkol dan kecombrang, sesuai dengan selera. Berkat cita rasanya yang khas, saat ini sudah ada banyak produk makanan yang memiliki varian sambal matah, jadi bagi Anda yang tidak terlalu menyukai rasa pedas tetapi ingin mencicipi sambal matah, Anda bisa mencobanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here