Thursday, 18 April 2024
HomeKulinerResep Roti Goreng Sosis, Cocok Untuk Sarapan Si Kecil

Resep Roti Goreng Sosis, Cocok Untuk Sarapan Si Kecil

Bogordaily.net – roti goreng sosis ini bisa Anda praktekkan di rumah. Makanan enak yang cocok untuk sarapan si kecil.

Roti goreng sosis ini juga bisa jadi meru sarapanmu. Bikin kenyang walaupun ukurannya kecil. Kalau kamu termasuk yang sering beraktifitas menggunakan jasa transportasi kereta, kamu bisa menjumpai roti ini di stasiun, dengan harga yang relatif terjangkau.

Daripada beli, gimana kalau bikin sendiri? Tenang, bahan-bahannya mudah didapat. Selain lebih hemat, tentunya juga lebih higienis, bestie. Bingung gimana cara buatnya? Kanal Youtube Atha Naufal sudah membagikan dan cara buatnya seperti yang tertera pada video. Disimak ya, bestie.

Berikut Roti Goreng Sosis

Bahan :

– 1sdt gula pasir

– 1sdt ragi instan

– 115ml hingga 120ml air hangat (kalo air nya dirasa kurang boleh ditambah sedikit aja, disebabkan tingkat kelembaban tepung berbeda beda)

– 250gr tepung terigu protein tinggi

– 3sdm gula halus

– 2sdm susu bubuk

– 2 kuning telur

– 2 sdm margarin

– 1/4sdt garam

Isian :

– sosis

Bahan celupan :

– 2 butir telur

– tepung panir secukupnya

Cara membuat:

1. Untuk memastikan ragi masih aktif, masukkan 1sdt ragi instan, 1sdt gula pasir ke dalam gelas lalu masukkan 115ml air putih hangat, aduk rata lalu diamkan lima menit. Apabila ragi masih aktif, muncul buih dan ragi mengembang.

2. Siapkan wadah, masukkan 250gr tepung terigu, 20 gr susu bubuk, 30 gr gula halus, dua kuning telur. Lalu masukkan larutan ragi, aduk hingga adonan tercampur rata. Setelah adonan rata, lajut uleni dengan tangan. Uleni hingga setengah kalis.

3, Masukkan 30gr margarin, 1/4sdt garam, lalu uleni adonan hingga tercampur rata. Uleni hingga margarin meresap ke adonan (kurang lebih tiga menit) lalu bulatkan adonan.

4. Letakkan adonan dalam wadah, tutup adonan (boleh gunakan serbet bersih, kain bersih atau plastic wrap). Diamkan adonan selama 60 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Setelah adonan mengembang dua kali lipat, buka penutup lalu kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian ukuran kecil atau sesuai selera.

7. Bulatkan adonan kembali, tidak perlu rapi karena akan digilas menggunakan rolling pin. Lakukan hingga semua potongan adonan habis.

8. Ambil satu adonan untuk diisi. Tutup dengan kain atau serbet bersih adonan lain, agar tetap lembab.

9. Gilas adonan dengan rolling pin (boleh gunakan botol bila tidak punya rolling pin). Letakkan sosis di ujung adonan, lalu gulung. Pastikan gulung sambil dipadatkan menggunakan jari agar adonan tidak mudah lepas. Gilas dengan telapak tangan untuk memastikan adonan tidak gampang lepas dan padat (ujung gulungan boleh ditekan sedikit agar adonan lebih merekat).

10. Letakkan di wadah yang sudah ditaburi tepung terigu. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan selesai. Lalu tutup dengan serber bersih atau kain. Istirahatkan adonan selama 10 menit.

11. Stelah 10 menit, buka kain penutup, dan adonan siap dicelupkan ke tepung roti.

12. Sebelum adonan dicelupkan, kocok lepas dahulu telur yang sudah disiapkan. Ambil satu adonan lalu celupkan dalam telur, gulingkan dalam tepung panir. Lakukan hingga semua adonan habis. Adonan siap digoreng.

13. Panaskan minyak dalam wajan. Gunakan api sedang agar roti tidak gampang gosong dan bagian dalam matang merata. Goreng adonan hingga matang dengan warna kuning keemasan. Goreng hingga matang merata.

14. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Goreng semua adonan hingga habis,

Roti goreng sosis siap disantap.

Itulah bahan dan cara membuat roti goreng sosis yang cocok untuk menu sarapan si kecil, sangat mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here