Tuesday, 28 May 2024
HomeBeritaSepak Terjang Roberto De Zerbi, Pelatih Baru Brighton

Sepak Terjang Roberto De Zerbi, Pelatih Baru Brighton

Bogordaily.net – Liga Inggris, Brighton resmi menunjuk mantan Sassuolo dan Shakhtar Donetsk, Roberto De Zerbi sebagai manajer baru mereka. Berikut dan sepak terjang Roberto De Zerbi.

De Zerbi meneken kontrak empat tahun bersama Brighton dan kini tinggal menunggu keluarnya izin kerja di Inggris.

Dia menjadi pilihan pertama Brighton untuk menggantikan Graham Potter yang hengkang untuk menggantikan Thomas Tuchel sebagai manajer Chelsea.

Memiliki nama lengkap Roberto De Zerbi yang lahir tanggal 6 Juni 1979 di Brescia, saat ini dirinya ditunjuk sebagai Sassuolo dan mantan Pemain Sepak Bola Asal Italia. Semasa dirinya sebagau pemain bola, De Zerbi berposisi sebagai gelandang. Memulai karirnya bersama tim Piobet yang berada di lingkungan dia berada.

Namanya naik daun saat bergabung ke Napoli pada 2006. Dua tahun kemudian, dia sempat membela klub kota kelahirannya, Brescia, selama setengah musim. Kariernya mengalami penurunan saat membela CFR Cluj. Roberto De Zerbi pun memutuskan untuk pensiun pada 2013 lalu dengan klub terakhir Trento.

Hanya membutuhkan satu tahun, pengamat Milan memantau perkembangan dirinya dan membawanya ke markas Berlusconi. Dimana dirinya menghabiskan empat musim yang berstatus pinjaman dari klub divisi bawah yaitu Serie B ke Seri C2. Mengingat dirinya menghabiskan musim 1999-2000 di Serie C1 bersama Alberto Comazzi dan Luca Saudati di Milan.

Setelah memutuskan untuk pensiun di Trento pada Juli 2013, Roberto De Zerbi memutuskan untuk melanjutkan karier sebagai . Pada November 2013, dia ditunjuk sebagai klub Italia, Darfo Boario.

Hanya semusim membela klub tersebut, De Zerbi didatatangkan Foggia untuk menjadi utama. Namun, pada pertengahan 2016, dia ditunjuk sebagai Palermo walau hanya berlangsung selama 3 bulan karena dianggap gagal menangani klub.

De Zerbi diberi kepercayaan oleh manajemen Benevento pada Oktober 2017. Performa Benevento yang bagus membuat dirinya didatangkan Sassuolo sebelum naik daun selama 2018 hingga 2021 lalu. Setelah melatih Sassuolo, dia ditunjuk untuk menangani klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk.

De Zerbi dikenal sebagai yang gemar menerapkan formasi 4-2-3-1. Dia merupakan yang visioner dalam mengembangkan para pemain muda.

Hal tersebut dapat dilihat saat dirinya menjadi Shakhtar Donetsk. Ia berhasil mengorbikan beberapa pemain muda top seperti Anatoliy Trubin dan Vitao.

Selama menjadi pelatih, setidaknya ada dua trofi yang berhasil diraihnya. Dia pertama kali mengangkat trofi saat Foggia Calcio menjuarai Serie C 2015/2016. Pada 2021/2022, Roberto De Zerbi juga berhasil membawa Shakhtar Donetsk menjuarai Piala Super Ukraina.(*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here