Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorStigma Negatif Soal HIV Masih Ada, Ini Tanggapan Perkumpulan Female Plus

Stigma Negatif Soal HIV Masih Ada, Ini Tanggapan Perkumpulan Female Plus

Bogordaily.net – Stigma tentang atau AIDS menjadi perhatian khusus dari Perkumpulan Female Plus, untuk itu, berbagai tanggapan dan saran selalu dibahas dalam setiap diskusinya.

Berbagai saran terus dilontarkan, berangkat dari meluasnya stigma, diskriminasi, dan pelanggaran hak orang dengan dan AIDS, orang dengan TB dan populasi kunci.

Stigma dan diskriminasi telah menjadi hukuman sosial oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia terhadap atau AIDS yang bisa bermacam-macam bentuknya.

Tak terkecuali stigma tersebut juga terjadi di wilayah Bogor, untuk itu, Perkumpulan Female Plus, menanggapi stigma tersebut dengan berbagai cara dan solusi.

Stigma dan diskrimansi terhadap ODHA merupakan tantangan yang bila tidak teratasi, potensial untuk menjadi penghambat upaya penanggulangan dan AIDS.

Diskriminasi yang dialami ODHA baik pada unit pelayanan kesehatan, tempat kerja, lingkungan keluarga maupun di masyarakat umum harus menjadi prioritas upaya penanggulangan dan AIDS.

“Oleh sebab itu perlu dukungan dan perberdayaan kelompok-kelompok dukungan sebaya (KDS) sebagai mitra kerja yang efektif dan dukungan dari program-program kesehatan dari Pemerintah pusat, provinsi, dan daerah,” kata moderator Female Plus Husen, yang juga relawan Persatuan Korban Napza Bogor (PKNB) kepada Bogordaily.net, Rabu 14 September 2022.

Husen menambanhkan, stigma dan diskriminasi tidak hanya dilakukan oleh masyarakat awam, namun juga dilakukan oleh petugas kesehatan baik dokter dan perawat serta mahasiswa yang perpendidikan tinggi juga ikut melakukan diskriminasi dan stigmatisasi.

“Seperti contohnya jika sakit mereka menghindari untuk terlihat berobat atau menolak untuk ditangani oleh dokter dan petugas kesehatan yang biasa menangani /AIDS,” tutup Husen.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here