Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalTak Bisa Diakses, Akun Twitter Hacker Bjorka Hilang

Tak Bisa Diakses, Akun Twitter Hacker Bjorka Hilang

Bogordaily.net – Saat ini akun Twitter @bjorknism mendadak hilang dari media sosial. Sebelumnya, ‘' menjadi trending topic di Twitter lantaran mengungkapkan dalang dari kasus pembunuhan Munir.

Tak hanya itu, juga menyentil beberapa Pejabat Menteri, seperti Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Ketua DPR Puan Maharani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jadi gaib, @bjorknism tidak bisa diakses lagi di Twitter dan tampak tulisan Account Suspended karena melanggar aturan Twitter.

Sebelumnya, Bjorka mengatakan kepada Twitter jika ia bertindak dengan baik dan tidak melanggar apapun sesuai yang diatur pada platform tersebut. Tetapi akun Twitter @bjorknism tetap dinonaktifkan karena Pemerintah Indonesia, Bjorka menerangkan jika tindakan Twitter itu memalukan.

Sejauh ini, Bjorka sudah berhasil meretas situs rahasia milik instansi maupun pejabat negara. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar data yang dibocorkan Bjorka:

1. Kebocoran data Pelanggan IndiHome

Bjorka mengklaim telah mengantongi 26 juta history browsing pelanggan IndiHome. Datanya mencakup keyword, email, nama, jenis kelamin, hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Namun perwakilan Telkom Group menyatakan, bahwa data-data yang bocor tidak valid dan merupakan hasil fabrikasi. Menurut Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Telkom tidak menggunakan email @telkom.net, baik untuk kepentingan perusahaan maupun layanan bagi pelanggan.

2. Kebocoran data Registrasi SIM Card Prabayar

Awalnya, Bjorka membobol 1,3 Miliar data pengguna SIM. Kevalidan data ini dibenarkan oleh Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya. mengklaim data ini diambil dari Kominfo.

3. 150 Juta Data Penduduk dari KPU

Bjorka menjual data sebanyak 150 juta data penduduk Indonesia dengan harga Rp 74 Juta. Bjorka mengklaim data ini diambil dari database Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Data ini disebar pada 6 September 2022. Data itu mencakup NIK, No KK, Nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, alamat, status stabilitas, dan lain sebagainya.

4. Kebocoran Data Dokumen Rahasia Presiden Republik Indonesia

Aktivitas nyolong data yang dilakukan Bjorka masih berlanjut. Bahkan setelah menyebut Kominfo bodoh, dia menargetkan dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia.

Setelah mengumumkan rencananya di Telegram, ini pun beraksi, dan kembali mengklaim berhasil merampas data rahasia Presiden RI periode 2019-2021 yang berukuran 189 MB. Di dalamnya, total ada 679.180 dokumen.

Kendati demikian, juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto menepis kabar dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden bocor. Ia menyatakan bahwa itu kabar bohong.

“Hoax itu, dokumen BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan semua dokumen pakai samaran,” kata Wawan kepada detikcom.

5. Kebocoran Data Pribadi Menkominfo Johnny G Plate

Kebocoran data yang terbaru datang secara personal dari Menkominfo Johnny G Plate. Dari tangkapan layar yang dibagikan oleh DarkTracer, ada beberapa informasi pribadi Johnny, seperti nomor telepon, nama lengkap, jenis kelamin, NIK, KK, alamat rumah, nama istri dan masih banyak lagi.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here