Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTak Hanya Indah, 7 Jenis Bunga Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi

Tak Hanya Indah, 7 Jenis Bunga Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi

Bogordaily.net – Tanaman hias yang selama ini terkenal untuk menambah nilai estetika sebenarnya juga bisa dimakan, lho. Tidak semuanya sih, tetapi ada beberapa jenis yang cantik dan bisa dikonsumsi.

Ada beberapa yang juga memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah, hindari mengonsumsi yang pertumbuhannya menggunakan bahan-bahan pestisida.

Berikut ini beberapa jenis yang bisa dimakan atau edible flower. Tertarik untuk mencobanya?

1. Lavender

lavender terkenal sebagai tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk. Ternyata, selain mengusir nyamuk, lavender juga bisa kamu konsumsi, lho! Rasa lavender sangat khas karena memiliki sensasi mint. lavender bisa dijadikan sebagai penghias hidangan yang manis. Gunakan seperlunya karena sedikit saja sudah sangat cukup.

2. Dandelion

Dandelion memiliki sosok yang sangat indah dan sederhana. dandelion yang masih muda rasanya manis. Rasa bunga ini hampir mirip dengan madu. Namun, jangan sekali-kali kamu mencoba dandelion yang sudah tua karena rasanya cenderung pahit.

3. Echinacea

Echinacea yang cantik ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai tanaman obat karena di dalamnya terkandung beberapa senyawa yang baik untuk tubuh. Tanaman hias ini berguna sebagai obat masuk angin, lho! Bunga echinacea juga berfungsi sebagai garnish agar hidangan terlihat lebih cantik. Namun, bagian kelopak bunga tanaman tidak bisa dimakan.

4. Calendula

Calendula memiliki rasa yang cukup beragam, mulai dari pedas, pahit, hingga tajam. Bunga ini sering dibuat sebagai campuran skincare. Kelopak bunga calendula yang dicampur ke dalam makanan bisa membuat warna makanan tersebut menjadi lebih kuning.

5. Mawar

Mawar, tanaman hias yang paling mudah untuk ditemui. Bunga mawar sering digunakan sebagai lambang kasih sayang. Ternyata, bunga kasih sayang ini bisa dimakan, lho! Rasanya cukup bervariasi, bergantung pada warna bunga tersebut.

Semakin gelap warna kelopaknya, akan semakin kuat rasanya. Pada dasarnya semua jenis mawar bisa dimakan, tetapi kamu harus membuang bagian yang putih di bagian kelopaknya karena rasanya cukup pahit.

6. Nasturtium

Semua bagian bunga nasturtium terbilang aman dikonsumsi, mulai dari kelopak, daun, hingga biji tanaman. Bunga nasturtium dapat menimbulkan rasa yang sedikit pedas, rasanya hampir mirip dengan selada air dan lobak.

7. Daylily

Jenis bunga yang bisa dimakan nomor delapan adalah bunga lily atau daylily. Bunga lily memiliki aroma agak manis seperti buah melon. Rasa bunga lily seperti perpaduan antara rasa asparagus dan zucchini. Bunga lily sangat cantik dan bernilai estetik untuk disajikan sebagai penghias piring dan juga salad. Bunga lily juga bisa dikonsumsi secara mentah.

Lily memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, beberapa di antaranya adalah mampu membantu menghilangkan jerawat, mencegah pertumbuhan sel kanker, menstabilkan kolesterol, mengobati sakit batuk, amandel, lambung, dan juga dapat melembabkan kulit.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here