Thursday, 25 April 2024
HomeNasional9 Kota di Indonesia Punya Sebutan Nama Buah, Nomor 5 Tetangganya Bogor

9 Kota di Indonesia Punya Sebutan Nama Buah, Nomor 5 Tetangganya Bogor

Bogordaily.net – Biasanya suatu punya nama julukan masing-masing sebagai penanda identitas atau ciri khas tersebut. Berikut deretan di Indonesia yang punya sebutan sebagai nama buah.

Daerah yang memiliki julukan buah biasanya karena memang daerah tersebut dikenal sebagai penghasil buah yang dijulukkan.

Tapi ada pula julukan yang dianggap sudah tidak relevan karena daerah tersebut tidak lagi memproduksi buah yang menjadi ikonnya sedangkan julukan tersebut tetap melekat.

Berikut 9 di Indonesia yang punya julukan nama buah.

1. Mangga

pertama yang dijuluki sesuai dengan nama buah adalah Kabupaten Indramayu, salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat. Daerah yang memiliki hari jadi tanggal 7 Oktober 1527 ini mendapatkan julukan sebagai Mangga.

2. Apel

Satu kegiatan yang menjadi agenda wajib para traveler yang berlibur di Batu yaitu mengunjungi wisata agro petik buah apel. Memang ini sejak lama menjadi pusat produksi pertanian khususnya buah apel.

Kota Batu adalah salah satu penghasil buah apel terbesar di Indonesia hingga akhirnya mendapatkan julukan sebagai Kota Apel.

3. Kota Buah Naga

Kota yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki julukan Kota Buah Naga. Pasalnya, Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur menjadi pusat perkebunan buah naga.

4. Kota Nanas

Subang juga termasuk salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki sebutan nama buah.

Kabupaten di Jawa Barat ini dijuluki Kota Nanas lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai petani buah nanas. Menariknya, nanas yang diproduksi terkenal lebih manis daripada nanas daerah lain.

5. Kota Belimbing

Kota yang berada di antara Jakarta dan Bogor satu ini juga memiliki sebutan nama buah. Kota Depok terkenal dengan ikon buah belimbing dewa.

6. Kota Salak

Wilayah yang masuk Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki sebutan nama buah. Memiliki kebun salak pondoh yang sangat luas, wajar jika Sleman menyandang gelar sebagai kota salak.

7. Kota Jambu

Wilayah Jawa Tengah lainnya yang memiliki sebutan nama buah adalah kota Demak. Kota jambu disematkan pada kota ini sebab menjadi sentra produksi jambu air merah delima yang memiliki rasa manis dengan daging buah yang tebal.

8. Kota Manggis

Beralih ke Jawa Tengah, gelar kota manggis jatuh pada kabupaten Pati. Bagaimana tidak, wilayah yang memiliki slogan Pati Bumi Mina Tani ini penghasil buah manggis terbesar se-Jawa Tengah.

9. Kota Durian

Wilayah yang berbatasan dengan Pati juga memiliki sebutan nama buah. Ya, Jepara mendapat julukan kota durian sebab setiap tahun digelar festival durian dan lomba durian terenak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here