9 Kota di Indonesia Punya Sebutan Nama Buah

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Nasional ยท 3 Okt 2022 19:46 WIB

9 Kota di Indonesia Punya Sebutan Nama Buah, Nomor 5 Tetangganya Bogor


 Kota di Indonesia yang Punya Sebutan Nama Buah. (idntimes/Bogordaily.net) Perbesar

Kota di Indonesia yang Punya Sebutan Nama Buah. (idntimes/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Biasanya suatu kota punya nama julukan masing-masing sebagai penanda identitas atau ciri khas kota tersebut. Berikut deretan kota di Indonesia yang punya sebutan sebagai nama buah.

Daerah yang memiliki julukan buah biasanya karena memang daerah tersebut dikenal sebagai penghasil buah yang dijulukkan.

Tapi ada pula julukan yang dianggap sudah tidak relevan karena daerah tersebut tidak lagi memproduksi buah yang menjadi ikonnya sedangkan julukan tersebut tetap melekat.

Berikut 9 kota di Indonesia yang punya julukan nama buah.

1. Kota Mangga

Kota pertama yang dijuluki sesuai dengan nama buah adalah Kabupaten Indramayu, salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat. Daerah yang memiliki hari jadi tanggal 7 Oktober 1527 ini mendapatkan julukan sebagai Kota Mangga.

2. Kota Apel

Satu kegiatan yang menjadi agenda wajib para traveler yang berlibur di Kota Batu yaitu mengunjungi wisata agro petik buah apel. Memang kota ini sejak lama menjadi pusat produksi pertanian khususnya buah apel.

Kota Batu adalah salah satu penghasil buah apel terbesar di Indonesia hingga akhirnya mendapatkan julukan sebagai Kota Apel.

3. Kota Buah Naga

Kota yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki julukan Kota Buah Naga. Pasalnya, Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur menjadi pusat perkebunan buah naga.

4. Kota Nanas

Subang juga termasuk salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki sebutan nama buah.

Kabupaten di Jawa Barat ini dijuluki Kota Nanas lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai petani buah nanas. Menariknya, nanas yang diproduksi terkenal lebih manis daripada nanas daerah lain.

5. Kota Belimbing

Kota yang berada di antara Jakarta dan Bogor satu ini juga memiliki sebutan nama buah. Kota Depok terkenal dengan ikon buah belimbing dewa.

6. Kota Salak

Wilayah yang masuk Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki sebutan nama buah. Memiliki kebun salak pondoh yang sangat luas, wajar jika Sleman menyandang gelar sebagai kota salak.

7. Kota Jambu

Wilayah Jawa Tengah lainnya yang memiliki sebutan nama buah adalah kota Demak. Kota jambu disematkan pada kota ini sebab menjadi sentra produksi jambu air merah delima yang memiliki rasa manis dengan daging buah yang tebal.

8. Kota Manggis

Beralih ke Jawa Tengah, gelar kota manggis jatuh pada kabupaten Pati. Bagaimana tidak, wilayah yang memiliki slogan Pati Bumi Mina Tani ini penghasil buah manggis terbesar se-Jawa Tengah.

9. Kota Durian

Wilayah yang berbatasan dengan Pati juga memiliki sebutan nama buah. Ya, Jepara mendapat julukan kota durian sebab setiap tahun digelar festival durian dan lomba durian terenak.

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

29 November Hari Memperingati Apa? Simak Penjelasan di Sini

29 November 2022 - 06:23 WIB

29 November memperingati hari apa

Catat! Berikut Soal UTS Kelas 6 Semester 1 dan Kunci Jawaban 2022

28 November 2022 - 20:32 WIB

Soal UTS kelas 6 semester 1

Gempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

28 November 2022 - 18:46 WIB

gempa bumi cianjur

Gantikan Jenderal Andika, KSAL Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI

28 November 2022 - 18:44 WIB

KSAL Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI Gantikan Jendral Andika

KemenKopUKM Resmi Pecat Pelaku Kekerasan Seksual

28 November 2022 - 17:29 WIB

Pelaku Kekerasan Seksual KemenKopUKM

Darling Penuhi Kebutuhan Pangan Penyintas di Pengungsian

28 November 2022 - 17:18 WIB

Darling
Trending di Nasional