Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaAman Kok! Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Aman Kok! Ini 5 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Bogordaily.net– tinggi merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Kadar bisa diturunkan dengan cara yang alami dan tak selamanya harus memakai obat. Dikutip dari laman Halodoc, berikut cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar :

Pilih Makanan Rendah Lemak

tinggi bisa disebabkan makanan yang tinggi kandungan lemaknya. Maka dari itu, salah satu kunci utama menurunkan adalah mengurangi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Ganti dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti yang terkandung dalam salmon, mackerel, herring dan lain-lain.

Perbanyak Serat

Serat larut dapat mengurangi penyerapan ke dalam aliran darah. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut contohnya oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir.

Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik mampu membakar sisa-sisa lemak yang berpotensi menyumbat aliran darah. Bukan itu saja, olahraga secara teratur juga membantu meningkatkan baik (HDL). Berolahragalah selama 30 menit dalam lima kali seminggu. Contoh olahraga ringan yang dapat kamu coba yaitu berjalan cepat, bersepeda atau berenang.

Berhenti Merokok

Merokok termasuk faktor risiko penyakit . Ketika kamu berhenti merokok, otomatis lemak baik (HDL) yang ada pada tubuhmu mengalami peningkatan. Melansir Mayo Clinic, berikut manfaat yang bisa kamu dapat saat berhenti merokok yakni 20 menit setelah merokok, tekanan darah dan detak jantung bisa pulih dari lonjakan akibat rokok. Selain itu, tiga bulan setelah berhenti sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik dan setelah satu tahun berhenti, risiko penyakit jantung menurun drastis.

Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan kadar HDL yang lebih tinggi. Apabila kamu salah satu orang yang gemar minum alkohol, konsumsi dalam jumlah sedang saja. Idealnya, satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here