Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingCek di Sini! 5 Pilihan Wisata Alam Anti Mainstream

Cek di Sini! 5 Pilihan Wisata Alam Anti Mainstream

Bogordaily.net–  alam bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu akhir pekan.  Nah, bagi yang suka mengeksplore destinasi alam, ada lokasi alam anti mainstream yang bisa jadi tujuan Anda. Sebagaimana dirangkum SuaraJogja.id, berikut lokasi tempat alam yang direkomendasikan untuk Anda:

Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka

Jawa Barat dikenal memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan asri, salah satunya Terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura. Terasering merupakan suatu pola atau teknik bercocok tanam dengan sistem bertingkat (berteras-teras) sebagai upaya pencegahan erosi tanah.

Terasering berada di kaki Gunung Ciremai ini terbentang lebar sejauh mata memandang, dibentuk undakan dengan ukuran sangat rapat atau dengan ukuran sama setiap bagian bukit. Tempat ini cocok untuk dijadikan wishlist liburan kamu nanti saat pandemi selesai, yaitu mengunjungi Majalengka untuk melihat keindahan terasering yang amat rapi ini.

Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung

Berlokasi di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk di area bekas penambangan kaolin. Hal ini menjadi salah satu kekayaan tambang yang memang dikenal sebagai hasil bumi Bangka Belitung. Kaolin sendiri merupakan bahan baku industri berupa batuan atau lempung berwarna putih.

Kaolin biasanya digunakan untuk pembuatan keramik, obat-obatan, kertas berlapis, kosmetik, dan pasta gigi namun kebanyakan digunakan untuk pembuatan porselen. Kesan pertama usai melihat area danau ini adalah, seperti berada di antartika, melihat banyaknya pemandangan putih yang tidak biasa ini. Walaupun danau ini merupakan sebuah luka karena eksploitasi, tetapi alam kembali merestorasi tempat ini menjadi wishlist destinasi alam yang patut dikunjungi.

Brown Canyon, Tembalang, Semarang

Salah satu lokasi alam anti mainstream yang bisa jadi tujuan yakni Brown Canyon. Lokasi ini merupakan bekas penambangan tanah di Tembalang, Semarang. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang menarik di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Kemiripan ini terletak pada bukit-bukit yang berubah menjadi tebing-tebing curam. Brown Canyon bukan destinasi resmi dari pemerintah. Namun, keunikan yang ada pada lokasi ini menarik sejumlah wisatawan untuk berfoto ria. Seakan-akan berada di Grand Canyon, Amerika Serikat, cocok untuk dijadikan wishlist yang bisa dikunjungi nanti.

Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Selain beragam destinasi seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Alun-alun dan Jalan Malioboro. Bagi travelers tentunya ingin mengunjungi tempat yang tidak mainstream untuk destinasi , dan melepas penat tanpa diganggu banyak orang. Air terjun atau Grojogan dalam bahasa Jawa, Lepo Dlingo yang terletak di Bantul, Yogyakarta dapat menjadi wishlist untuk dikunjungi lain waktu.

Bagi yang hobi berenang, di sana terdapat kolam alam yang mempunyai air jernih untuk dicoba. Air Terjun Lepo Dlingu memiliki tiga tingkatan, dengan tingkatan kedua memiliki ketinggian sepuluh meter. Tingkatan ketiga dikelilingi oleh batuan pada dinding sekitar air terjun yang berbentuk persegi panjang yang tersusun rata.

Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur

Destinasi yang menyenangkan, dan menarik tentunya. Salah satu destinasi wisata alam gua adalah Gua Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Keunikan dari gua ini adalah, suara seperti gong akan terdengar ketika stalaktit dan stalakmit dipukul. Gua gong memiliki banyak warna-warna indah di dalamnya, gua sepanjang 256 meter ini memiliki fenomena alam menakjubkan.

Berupa ruangan raksasa sepanjang 100 meter, lebar mencapai 15 hingga 40 meter dan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter di ujung gua tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here