Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalInfo Gempa Terkini: Sukabumi & Tapanuli Digoyang Gempa

Info Gempa Terkini: Sukabumi & Tapanuli Digoyang Gempa

Bogordaily.net – Info terkini berkekuatan magnitudo (M) 4,7 mengguncang . ini dirasakan hingga Kota Bandung. Selain di gempa juga terjadi di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Gempa getaranya bahkan terasa hingga ke Bandung. Warga Kota Bandung, Yusina (27) mengaku merasakan getaran gempa. Dia mengaku melihat benda-benda yang tergantung bergoyang saat gempa terjadi.

Berdasarkan info gempa terkini dari Bandung, Senin (31/10), gempa terjadi pada pukul 10.05 WIB. Pusat gempa ada di koordinat 7,70 LS-106,88 BT. “87 km Barat Daya Kota Jabar,” tulis Bandung. Gempa berada di kedalaman 20 km.

Gempa serupa juga terjadi di tempat lain. Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada hari Senin, 31 Oktober 2022, pukul 05.21 WIB.

Titik pusat gempa berada di 1.79 Lintang Utara dan 99.43 Bujur Timur, atau 27 kilometer timur laut Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 175 kilometer.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,83° Lintang Utara dan 99,45° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat 32 kilometer timur laut Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 172 kilometer.

Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami , Daryono, mengatakan wilayah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, diguncang gempa tektonik.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” ujarnya seperti diberitakan tempo.co.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here