Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorJadi Perhatian, Ketua Forum UMKM Pamijahan Tenteng Kuliner Leumeung di FGD 

Jadi Perhatian, Ketua Forum UMKM Pamijahan Tenteng Kuliner Leumeung di FGD 

Bogordaily.net – Ketua Forum Pamijahan, Kabupaten Bogor, Didin Rayudin menarik perhatian karena dirinya membawa salah satu kuliner khas Pamijahan yakni leumeung dalam Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang penyusunan rencana strategis geoproduk, pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Selain leumeung ataupun kuliner lainnya yang juga dibawa oleh Didin Rayudin yaitu leupeut. Didin mempertontonkan dan leupeut yang merupakan kuliner kebanggaan Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Ia pun menjelaskan kepada Bogordaily.net. Didin mengatakan, bahwa zaman dahulu leumeung sendiri merupakan makanan khas yang menjadi syarat wajib untuk dibawa jika ingin mengunjungi perempuan.

“Kalau tidak bawa itu ada perasaaan kurang percaya diri. Istilahnya itu menjadi suatu kewajiban jika ingin mengunjungi perempuan atau perawan,” ungkap Ketua Forum Pamijahan, Kabupaten Bogor, Didin Rayudin kepada Bogordaily.net, Rabu 26 Oktober 2022.

Lanjut, leumeung ini selalu hadir dalam acara besar seperti maulid nabi, dangdut ataupun wayang dan dimakannya bersamaan dengan toge di Kecamatan Pamijahan. Leumeung tersebut merupakan ketan yang dibakar di dalam bambu kemudian nanti dipotong menggunakan pisau.

“Ini itu dibakar, terus nanti di kupas didalemnya ketan. Pada saat dimakan biasanya warga Pamijahan dibarengi dengan toge,” jelasnya menceritakan.

Sementara, dalam FGD yang berlangsung tadi pagi, pihaknya mengungkapkan forum diskusi ini bagus tetapi harus ada eksekusi yang matang untuk meningkatkan rencana-rencana yang sudah dibuat.

“Saya berharap ada Pembangunan Lima Tahun (Pelita), ada Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita), itu bisa dipakai lagi karena forum ini tidak bisa instan,” terangnya. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here