Friday, 19 April 2024
HomeTravellingJangan Dilakukan! Ini 4 Larangan ketika Mendaki Gunung

Jangan Dilakukan! Ini 4 Larangan ketika Mendaki Gunung

Bogordaily.net – Peraturan atau larangan saat di setiap bisa berbeda-beda, biasanya hal itu tertulis di basecamp pendaftaran.

Sebagian besar peraturan dimaksudkan untuk keselamatan kita dan kebersihan . Namun, ada juga peraturan tak tertulis yang harus kita hargai. Biasanya berhubungan dengan mitos yang berkembang ataupun atas dasar kesadaran kita sendiri.

Dikutip dari Yoursay, berikut 4 larangan ketika meski tidak ada dalam peraturan:

1. Berkelahi dengan Pendaki Lain

Kita tidak boleh memancing amarah pendaki lain dengan kata-kata yang menyinggung. Perkelahian dalam perjalanan sangatlah berbahaya, ada banyak jurang yang bisa melenyapkan kita.

Karena itu saling sapa dan tolong menolong sudah menjadi tradisi bagi para pendaki. Turunkan amarah kita saat menghadapi orang yang mengesalkan, berpikirlah bahwa tujuan kita dan dia sama-sama menikmati pendakian untuk menuju ke puncak.

2. Sengaja Melanggar Mitos

Kita boleh tidak percaya dengan mitos yang beredar, tapi kita harus menghormatinya. Jika kita sengaja melanggar larangan dalam mitos, banyak pendaki atau mungkin warga sekitar yang tidak menyukai sikap kita. Kita bisa dianggap arogan dan orang-orang akan merasa sungkan untuk menolong jika kita berada dalam masalah.

3. Mengabaikan Perlengkapan Pendakian

Perlu diperhatikan bahwa perlengkapan pendakian sangatlah penting. Kita tidak bisa mengabaikan satu pun peralatan yang dibutuhkan demi keamanan , apalagi jika kita masih pemula.

Misalnya kantong tidur, kantong tidur sangatlah penting digunakan untuk beristirahat di tempat bersuhu rendah. Tanpa adanya kantong tidur, kita bisa terkena hipotermia di ketinggian. Banyak pendaki yang terkena hipotermia, dan tidak jarang berakibat fatal hingga meregang nyawa.

4. Tanpa Izin Orangtua

Dekat ataupun jauh yang didaki, kita harus tetap meminta izin pada orangtua sebelum melakukan pendakian. Tanpa adanya izin, orangtua tidak akan tahu kita pergi kemana.

Jika tidak ada kabar dari kita, maka orangtua akan kebingungan mencari kita. Selain itu, izin dari orangtua bisa membuat hati kita tenang saat melakukan pendakian.

Doa-doa untuk keselamatan pun dipanjatkan oleh orangtua kita, sehingga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here