Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKenali 3 Bahaya Makan Es Batu, yuk Kurangi!

Kenali 3 Bahaya Makan Es Batu, yuk Kurangi!

Bogordaily.net – Makan batu bukanlah suatu hal yang baru, bahkan anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukainya. Namun, dibalik semua kenikmatannya, kebiasaan makan batu justru akan menimbulkan beberapa masalah .

Terlebih jika pengolahan dan penyimpanan batu yang kurang bersih atau tidak higienis. batu yang tidak bersih, akan menyebabkan penularan berbagai kuman, virus, dan parasit yang membawa berbagai macam penyakit seperti diare, demam, shigellosis, hepatitis A, dan kolera.

Dilansir dari Alodokter.com, berikut ada beberapa masalah yang akan timbul akibat terlalu sering makan batu:

1. Gangguan jantung

Kebiasaan makan batu akan meningkatkan risiko anemia. Saat menderita anemia defisiensi besi, akan mengurangi pasokan oksigen dalam darah.

Hal ini akan mengakibatkan, jantung harus memompa darah lebih cepat dari biasanya agar terpenuhinya kebutuhan oksigen dalam tubuh.

Detak jantung yang tidak normal atau terlalu cepat, itulah yang menyebabkan pembesaran jantung atau bahkan gagal jantung.

2. Menghambat pertumbuhan

Anemia defisiensi besi dapat mengakibatkan gangguan pada tumbuh kembangnya bayi dan anak-anak. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga mengakibatkan anak lebih rentan terkena infeksi yang disebabkan daya tahan tubuhnya yang melemah.

3. Masalah pada kehamilan

Anemia defisiensi besi pada wanita hamil, akan berisiko tinggi memiliki bayi prematur prematur dan dan bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

Apabila kamu sedang mengandung, alangkah baiknya selalu periksakan secara rutin kandunganmu.

Kebiasaan makan juga disebabkan oleh masalah psikologis yang disebut pica. Pica adalah kondisi dimana seseorang memiliki kebiasaan gemar memakan sesuatu yang tidak wajar, seperti, kertas, puntung rokok, kapur, uang logam, tanah, hingga batu secara berlebihan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here