Thursday, 28 March 2024
HomeViralKisah Joko Kendil yang Sesungguhnya!

Kisah Joko Kendil yang Sesungguhnya!

Bogordaily.net – Inilah kisah yang sesungguhnya. Nama mendadak viral. Setelah kemunculan sosok pria mungil berpakaian ala pendekar jaman dulu.

Yang menghebohkan lagi dia mampu berjalan cepat. Menurut pengakuannya dia sedang naik macan putih.

Pria itu lalu mendapatkan julukan Joko Kedil yang konon memiliki kekuatan spiritual. Banyak kisah ditulis di sosial media dan semakin ramai dengan beragam dugaan.

Kisah yang Sesungguhnya.

ternyata adalah orang desa. Ia merupakan pria biasa bernama Kusnan. Ia berasal dari Dusun Ngramut, Kelurahan Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan.

Ia sudah melakukan perjalanan jauh alias menjadi musafir sejak usia 19 tahun. Diduga, Kusnan sebetulnya juga sudah menikah. Akan tetapi, istrinya meninggal dunia dan dimakamkan di dusunnya.

Kusnan menjelaskan kalau dirinya melakukan perjalanan setelah mendapatkan wejangan dari sang guru, seorang kyai Demak. Kusnan alias menyebut gurunya bernama Kyaii Hadi Guntur dari Demak. Sejak melaksanakan wejangan tersbeut, Kusnan alias hidup berpindah-pindah. Ia memenuhi kebutuhan mandi dan buang air di masjid yang terjangkau olehnya.

Cerita Rakyat dari Jateng

Sementara itu, Nusantara memiliki sebuah cerita rakyat yang terkenal menceritakan tentang . aslinya merupakan cerita rakyat dari Jawa Tengah. Cerita rakyat ini dulu disampaikan dalam bahasa Jawa. Banyak yang sudah mengalihbahasakannya menjadi bahasa Indonesia sehingga bisa disimak oleh siapa saja.

Berikut ulasan singkat cerita rakyat dari Jawa Tengah (Jawa Tengah). Tersebutlah seorang Joko Kendil yang merupakan seorang putra raja yang tidak dikehendaki dan juga dikutuk. Masa kecilnya dititipkan pada seorang perempuan di desa. Perempuan itu hidup miskin. Akan tetapi, sejak kedatangan Joko Kendil, perempuan itu memiliki semangat hidup baru. Ia menjaga Joko Kendil bagaikan anaknya sendiri. Suatu hari ketika Joko Kendil sudah dewasa, ia mengikuti sebuah sayembara untuk memenangkan putri raja.

Joko kendil ikut serta dan menunjukkan kemampuannya. Ternyata, Joko Kendil lolos menjadi kandidat calon menantu raja. Joko Kendil berjodoh dengan putri bungsu. Sang putri dapat melihat kebaikan hati Joko Kendil. Bagi sang putri, fisik yang mirip dengan kendil itu tak masalah baginya, sebab yang terpenting baginya adalah karakter Joko kendil yang baik hati.

Pada prosesi pernikahan, setelah resmi menjadi pasangan suami istri dan sang putri memeluk Joko Kendil,semua orang terheran-heran karena Joko Kendil berubah menjadi pangeran berwajah sangat tampan. Itu menandakan kutukan yang ditimpakan kepada Joko Kendil telah hilang. Wanita yang mencintainya dengan tulus telah mematahkan kutukan tersebut.

Demikian itu cerita siapa Joko Kendil sebenarnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here