Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalKronologi Penangkapan Irjen Teddy Minahasa yang Ditangkap Karena Diduga Jual Narkoba

Kronologi Penangkapan Irjen Teddy Minahasa yang Ditangkap Karena Diduga Jual Narkoba

Bogordaily.net– Kapolda Sumatera Barat yang menunggu serah terima jabatan sebagai Kapolda Jawa Timur kabarnya ditangkap lantaran diduga terkait kasus .  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun membeberkan kronologi penangkapan .

Listyo mengatakan penangkapan berawal dari penangkapan jaringan yang dilakukan Polda Metro Jaya beberapa hari lalu.

“Awalnya dapat laporan dari masyarakat, kemudian dikembangkan, dan ditangkap 3 orang pelaku,” jelas Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam konferensi pers, sebagaimana dilansir Suara.com, Jumat, 14 Oktober 2022.

Dalam pengembangan, jaringan ini mengarah adanya keterlibatan anggota Polri berpangkat brigadir kepala (Bripka). Tidak berhenti di sana, ada pula anggota Polri berpangkat kompol (komisaris polisi) yang menjabat sebagai Kapolsek turut terlibat.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kapolri memerintahkan agar perkara ini dikembangkan lebih lanjut. Penyelidikan lebih lanjut mengarah pada pengedar sabu yang berkaitan dengan anggota Polri berpangkat AKBP.

“AKBP, mantan Kapolres Bukit Tinggi,” jelas Kapolri.

Penyidit kemudian menangkap mantan Kapolres Bukit Tinggi. Dari pemeriksaan, kemudian didapati adanya keterlibatan Irjen Teddy Minahasa yang merupakan Kapolda Sumbar.

“Atas dasar tersebut, kemarin, saya minta Kadiv Propam Mabes Polri untuk menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen TM,” bebernya.

Menurut Listyo pada Jumat pagi, 14 Oktober 2022 sudah dilakukan gelar perkara dan memastikan bahwa Irjen Teddy Minahasa menjadi bagian dari jaringan sehingga ditahan.

“Irjen TM sudah ditempatkan di ruang khusus,” kata Listyo.

Sementara itu penangkapan Irjen Pol Teddy Minahasa menambah panjang daftar perwira tinggi Polri yang tersandung kasus.  Dalam penangkapan kasus ini, Teddy Minahasa bukanlah satu-satunya polisi yang terlibat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalan keterangan persnya mengungkap kasus yang melibatkan para anggota Polri berpangkat brigadir kepala, komisaris, AKBP dan Irjen.

Atas dasar tersebut, Kapolri Jenderal Listyo meminta kasus itu dikembangkan. Penyelidikan lantas mengarah ke seorang pengedar sabu yang berkaitan dengan personel Polri berpangkat AKBP.

Teddy Minahasa bukanlah satu-satunya polisi berpangkat jenderal yang tersandung kasus. Sebelumnya beberapa jenderal juga sempat ditangkap karena kasus yang berbeda.

Di tahun 2006, Kepala Bareskrim Polri Suyitno Landung divonis hukuman setahun penjara karena meloloskan tersangka kasus pembobolan BNI.

Ada Brigjen Pol Samuel Ismoko yang terjerat kasus penyalahgunaan jabatan dan suap. Ada pula Komjen Pol Susno Duadji yang terjerat kasus korupsi ketika menjabat Kapolda Jawa Barat.

Selain itu, Irjen Pol Djoko Susilo juga jadi salah satu jenderal yang terjerat kasus korupsi pengadaan simulator SIM. Ditambah, Irjen Pol Napoleon Bonaparte yang terseret kasus korupsi hak tagih Bank Bali.

Ada Irjen Pol Ferdy Sambo yang terjerat kasus pembunuhan Brigadir J yang perkaranya masih belum selesai.

Kekinian, Irjen Pol Teddy Minahasa menjadi satu-satunya perwira tinggi Polri berpangkat jenderal yang ditangkap karena kasus .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here