Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaLindungi Kesehatan Mental dari Media Sosial, Ini Caranya

Lindungi Kesehatan Mental dari Media Sosial, Ini Caranya

Bogordaily.net–  Media sosial dapat berdampak negatif salah satunya mental. Meski demikian media sosial menjadi saluran yang baik untuk kreativitas, mengumpulkan informasi, belajar, dan melakukan bisnis. Namun, jika kamu tidak mengelolanya dengan baik, itu juga bisa sangat merugikan mentalmu. Dilansir YourSay.id, berikut adalah 4 masalah umum dengan media sosial sekaligus cara untuk melindungi mental kamu:

Kamu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Banyak pengguna media sosial membuat kamu tidak sadar sedang membandingkan diri dengan orang lain. Ketika kamu melihat seseorang yang memiliki kemampuan atau mempunyai kelebihan dari kamu. Kamu harus bisa berpikir setiap orang mempunyai kelebihan Dan kekurangan mereka masing-masing, sehingga kamu akan bersyukur dengan yang kamu punya sekarang.

Menggunakan Waktu Secara Efisien

Menurut sebuah survei, jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan di media sosial di seluruh dunia akan mencapai dua jam dan 27.Mungkin jika kamu menggunakan media sosial untuk keperluan tertentu, seperti mencari informasi, bisa saja menjadi manfaat. Ada memberi saran bahwa membatasi penggunaan media sosial hingga sekitar tiga puluh menit per hari dapat menyebabkan peningkatan kesejahteraan yang signifikan. Kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Menentukan Tujuan

Berapa lama kamu bermain ponselmu untuk mencari sesuatu teks, nomor telepon, dan gambar. Masalahnya bukan karena kamu hanya menggunakan media sosial tetapi kamu biasanya menyalahgunakan media sosial untuk hal lainnya. Jadi, sebelum itu tentukanlah tujuanmu terlebih dahulu.

Hindarilah konten Negatif

Terkadang kamu terjebak dalam doomscrolling tanpa disadari. Doomscrolling adalah tindakan yang menghabiskan banyak waktu di depan layar yang ditujukan untuk menyerap berita negatif.  Saat kamu bermain di media sosial, kamu harus bisa memilih konten yang baik dengan apa yang kamu rasakan. Jangan terlalu menikmati konten yang negatif karena dampaknya akan berbahaya bagi kamu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here