Wednesday, 15 May 2024
HomeNasionalMensos Risma Pamerkan Alat untuk Kemandirian Disabilitas

Mensos Risma Pamerkan Alat untuk Kemandirian Disabilitas

Bogordaily.net – Kementerian Sosial (Kemesos) RI melakukan pendekatan menggunakan teknologi guna membekali penyandang , agar dapat membangun kemandirian dalam aktifitasnya sehari-hari.

Hal ini di ungkapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Sentra Terpadu Inten Suweno Kabupaten Bogor, saat menghadiri pertemuan tingkat tinggi antar pemerintah tentang kajian akhir dekade penyandang Asia dan Pasifik 2013-2022, Jumat 21 Oktober 2022.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menunjukkan sejumlah alat bantu bagi penyandang , yang diproduksi oleh penyandang itu sendiri.

“Sebetulnya yang dibutuhkan mereka itu adalah yang pertama alat bantu, tapi yang kedua kemudian bagaimana untuk kehidupan mereka selanjutnya, jadi yang pertama kita bantu adalah memberikan alat bantu, setelah itu pemberdayaan,” ujar Mensos Tri Rismaharini kepada Wartawan, Jumat 21 Oktober 2022.

Mensos mengatakan selanjutnya yang bisa dilakukan Kementerian Sosial yakni, mendukung pemberdayaan mereka dalam bekerja hingga berwirausaha.

“Memang di sini kita coba yang membuat juga , jadi kenapa memang agak lambat sedikit dan kami akan terus bergerak. Kita akan coba memperkaya mereka (Penyandang ) dengan bagaimana cara memasarkan, dan akan kita coba bantu memasarkan,” jelasnya.

Risma pun bangga kepada para penyandang atas hasil karya yang mereka buat, dan karya tersebut bisa saja mengalahkan karya dari non disable.

“Saya bangga kepada saudara kami (Penyandang ), mereka pantang menyerah dengan segala keterbatasanya, dan mereka bisa berkarya ternyata memang membuat produk yang mungkin melebihi non disable,” pungkasnya.

Risma berharap, nantinya penyandang , harus memiliki jiwa kemandirian dan tidak berketergantungan dengan orang lain.

“Tapi kemudian bagaimana untuk kehidupan mereka selanjutnya, karena mereka tidak bisa menggantungkan kepada siapapun suatu saat, mereka harus bisa mandiri,” tutup . (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here