Friday, 26 April 2024
HomePolitikPAN Sambut Ganjar Siap Maju Capres 2022

PAN Sambut Ganjar Siap Maju Capres 2022

Bogordaily.net – Wakil Ketua Umum (Waketum) Yandri Susanto mengapresiasi langkah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai Capres 2024. Melihat kesiapan Ganjar, Partai Amanat Nasional () menyambut dengan penuh antusias.

Menurut Yandri, Gubernur Jawa Tengah tersebut memang masuk dalam nama rekomendasi Capres yang diumumkan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada akhir Agustus lalu.

“Kalau Pak Ganjar memang betul-betul siap ya sejatinya mulai membangun komunikasi dengan parpol yang mungkin bisa dijadikan kendaraan politik beliau untuk menjadi calon resmi di kontestasi Pilpres 2024,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip dari Tempo, Kamis, 20 Oktober 2022.

Yandri mulanya mengungkit pergelaran pemilu raya di kalangan internal . Yandri mengatakan Ganjar menjadi salah satu nama yang muncul untuk didukung sebagai capres 2024.

“Ya kalau dari pemilu raya itu (tertinggi) Bang Zul (Ketum Zulkifli Hasan). Yang kedua tentu kalau dari cluster menteri cuma Pak Erick Thohir yang muncul. Kalau cluster kepala daerah ya ada Ganjar, Anies, Khofifah, RK, yang muncul bagian dari dinamika pemilu raya kemarin,” kata Yandri.

Yandri menyinggung munculnya deklarasi dukungan dari daerah-daerah dan cabang . Diketahui, di sejumlah daerah, jajaran dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC) PPP, parpol sekoalisi di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), juga mendeklarasikan dukungan ke Ganjar.

“Dan sekarang kan banyak yang deklarasi Ganjar malah kan, ya itu bagian dari dinamika politik daerah ya. Kita hargai kita respons dengan baik. Tapi itu apakah itu secara resmi akan kita bawa ke KPU untuk kita daftarkan sebagai capres, ya itu perlu ada komunikasi dengan parpol lain,” katanya.

Atas munculnya dukungan-dukungan tersebut, Yandri mengatakan besar peluang Ganjar untuk diusung pihaknya. Namun dia masih terus akan mengikuti komunikasi dari tiap parpol di KIB terkait pencapresan ini.

“Ya ada kemungkinan besar Ganjar bisa diusung nanti. Tapi kan perlu ada pematangan yang lebih intensif dan komprehensif kan, karena sekali lagi, sama PPP aja nggak cukup. Terus siapa cawapres nya kan belum tahu,” kata dia.

Kendati demikian, Yandri belum bisa memastikan jika partainya bakal mengusung Ganjar dalam Pilpres 2024. Sebab, kata dia, tidak bisa mengusung sendirian mengingat belum memenuhi ambang batas presiden sebesar 20 persen.

“Yang pasti Pak Ganjar masuk dari rekomendasi Rakernas PAN, masuk kriteria yang akan kita usung. Apakah nanti benar-benar diusung, wakilnya siapa, dengan parpol mana, kan masih panjang. Karena PAN nggak bisa ngusung sendiri,” kata dia.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here