Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPerang Rusia Ukraina: Negara G7 Mengancam Putin, Jangan Coba-Coba Pakai Nuklir!

Perang Rusia Ukraina: Negara G7 Mengancam Putin, Jangan Coba-Coba Pakai Nuklir!

Bogordaily.net semakin panas. Serang dilakukan semakin gencar. Vladimir putin terus membombardir ukraina.

Meski demikian, Putin diperingatkan untuk tidak menggunakan bom nuklir ke Ukraina. Peringatan itu disampaikan para pemimpin negara-negara industri yang tergabung dalam Kelompok Tujuh (G7).

Mereka mengancam Rusia bahwa setiap penggunaan senjata nuklir ke Ukraina akan menghadapi “konsekuensi berat”.

Pernyataan tersebut disampaikan para pemimpin G7 ketika menegaskan kembali tekad mereka untuk terus mendukung Ukraina dalam perjuangannya melawan agresi Rusia. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, salah satu pemimpin G7, mengatakan kepada wartawan, “Kami tidak akan membuat Ukraina menjadi sasaran baru pengeboman dengan senjata nuklir.”

“Ancaman dan penggunaan senjata nuklir oleh Rusia tidak boleh terjadi,” kata Kishida. Dia menambahkan bahwa dunia “harus melanjutkan sejarah dengan tidak menggunakan senjata nuklir.”

Para pemimpin G7 berkumpul setelah peristiwa gelombang serangan Rusia ke Ukraina. Serangan ini sebagai pembalasan atas ledakan akhir pekan lalu yang merusak jembatan Kerch yang menghubungkan Rusia dengan Krimea. Rusia mengaitkan ledakan di jembatan itu dengan operasi pasukan Ukraina. Moskow pun menanggapi serangan di jembatan dengan melepaskan salah satu serangan rudal terbesarnya ke Ukraina sejak invasi dimulai pada akhir Februari 2022.

“Kami mengutuk serangan (Rusia) ini dengan sekuat tenaga,” kata para pemimpin Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat, ditambah Uni Eropa dalam pernyataan bersama. Pernyataan bersama para pemimpin G7 itu juga menyoroti infrastruktur sipil dan kota-kota di seluruh Ukraina yang menjadi sasaran dalam serangan rudal oleh Rusia.

“Serangan membabi buta terhadap penduduk sipil tak berdosa merupakan kejahatan perang. Kami akan meminta pertanggungjawaban Presiden (Rusia) (Vladimir) Putin dan semua pihak yang bertanggung jawab,” kata pemimpin G7 dalam pernyataannya menyikapi yang tak berkesudahan .

Setelah pertemuan darurat G7 secara daring, Kishida mengatakan negara-negara anggota G7 menegaskan bahwa serangan Rusia terhadap warga dan wilayah sipil di Ukraina “tidak dapat dibenarkan”, dan G7 setuju untuk memperkuat kerja sama dalam mengatasi agresi Moskow terhadap Kyiv.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here