Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaGalau! Putin Bingung Hadir atau Gak ke KTT G20 di Bali

Galau! Putin Bingung Hadir atau Gak ke KTT G20 di Bali

Bogordaily.net–  belum juga memutuskan apakah akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

Melansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters, pada konferensi pers di ibu kota Astana, Kazakhstan, Putin mengatakan ia belum mengambil keputusan untuk datang ke KTT G20 di Bali.

Putin juga mengaku juga merasa tak perlu berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden jika nanti hadir di KTT G20 terkait invasi Rusia ke Ukraina. Sebab, invasi Rusia ke Ukraina memang terus menjadi sorotan dalam gelaran G20 tahun ini yang tengah dipimpin Indonesia.

“Kita harus bertanya kepadanya [Biden] jika dia siap mengadakan dialog semacam itu dengan saya atau tidak. Saya tak melihat kebutuhannya, sejujurnya,” kata Putin soal potensi diskusi dengan Biden di sela-sela acara G20, dikutip dari AFP.

Terpisah, Biden sebelumnya mengatakan ia tak melihat ada alasan bagus untuk berdiskusi dengan Putin dalam wawancara bersama CNN.

“Itu bergantung khususnya pada isu apa yang ingin dia [Putin] bicarakan,” kata Biden saat membahas potensi pertemuannya dengan Putin di pertemuan tersebut.

“Tapi lihat, dia bertindak brutal. Saya pikir dia melakukan kejahatan perang. Dan maka dari itu saya, saya tidak melihat alasan rasional untuk bertemu dia sekarang,” lanjutnya.

Sementara itu sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengisyaratkan beberapa pemimpin negara G20 bakal hadir dalam KTT G20, termasuk Putin.

Kehadiran Putin dalam KTT G20 menjadi salah satu isu yang menarik, mengingat Rusia kini berhadapan dengan sanksi internasional akibat invasi di Ukraina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here