Friday, 29 March 2024
HomeNasionalSejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Setiap Bulan Rabiul Awal

Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Setiap Bulan Rabiul Awal

Bogordaily.net – Maulid Nabi merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berikut Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sepanjang bulan Rabiul Awal (disebut juga bulan Maulid atau Mulud) umat Islam khususnya di Indonesia memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan berbagai cara pengemasannya.

Peringatan Maulid Nabi pada tahun ini berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2022. Berbagai lapisan masyarakat menyambutnya dengan suka cita, tak sedikit yang mengadakan pengajian dengan mengundang penceramah.

Maulid Nabi

Dilansir dari NU Online, berdasarkan catatan Ahmad Tsauri dalam Maulid Nabi (2015) Maulid Nabi sebenarnya sudah ada sejak tahun kedua hijriah. Adapun catatan tersebut merujuk pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Dijelaskan pada catatan tersebut bahwa seseorang yang bernama Khaizuran (170 H/786 M) datang ke Madinah. Kemudian memerintahkan penduduk sekitar untuk menyelenggarakan kelahiran Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi. Khaizuran sendiri merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi.

Setelah itu, Khaizuran berpindah ke Mekkah dan melakukan hal yang sama yakni memerintahkan penduduk Mekkah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhamad SAW. Berbeda dengan di Madinah, acara berlangsung di Masjid, sementara di Mekkah berlangsung di rumah-rumah penduduk.

Sementara itu, peringatan Maulid Nabi di Indonesia sendiri mulai berkembang di masa Wali Songo atau sekitar tahun 1404 masehi. Peringatan Maulid Nabi dilakukan demi menarik hati masyarakat memeluk agama Islam.

Oleh karenanya, Maulid Nabi juga dikenal dengan nama Syahadatin. Selain itu, Maulid Nabi juga dikenal dengan Gerebeg Mulud karena tradisi masyarakat merayakan Maulid Nabi dengan cara menggelar upacara nasi gunungan.

Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Menurut buku '37 Masalah Populer: Untuk Ukhuwah Islamiyah' karya H Abdul Somad, adalah mengingatkan manusia tentang risalah dan sirah dari Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, umat Islam akan memahami bahwa satu-satunya tauladan adalah Nabi Muhammad SAW.

Kapan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2022? Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, Maulid Nabi Muhammad 2022 jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022, tepatnya hari Sabtu. Dan pada tanggal 8 Oktober 2022 adalah tanggal merah hari libur peringatan Maulid Nabi 2022.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here