Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaTergelincir saat Cuaca Buruk, Begini Kondisi Pesawat Korean Air

Tergelincir saat Cuaca Buruk, Begini Kondisi Pesawat Korean Air

Bogordaily.net–  terjadi di Bandara Internasional Cebu, . Maskapai yang membawa 173 penumpang mengalami insiden saat melakukan pendaratan. Pesawat overshot the runway atau melaju hingga melewati landasan saat mendarat di tengah cuaca buruk.

Dilansir Detik.com dari Reuters, Senin, 24 Oktober 2022, pesawat jenis Airbus SE A330  terbang dari Seoul, Korea Selatan (Korsel) menuju Cebu pada Minggu, 23 Oktober 2022 waktu setempat. Pesawat sempat berupaya melakukan pendaratan dua kali di tengah cuaca buruk, tetapi gagal.

Kemudian pada upaya ketiga, sekitar pukul 23.07 waktu Cebu, pesawat dengan nomor penerbangan KE361 itu berhasil menyentuh landasan, namun terus melaju hingga melewati ujung landasan.

Tidak ada korban luka dalam insiden ini. Pihak maskapai menyatakan semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Para penumpang telah dikawal ke tiga hotel setempat dan sebuah penerbangan alternatif sedang diatur,” demikian pernyataan .

Belum diketahui secara jelas penyebab insiden itu.

“Saat ini kami mengidentifikasi penyebab insiden tersebut,” sebut dalam pernyataannya.

Sementara itu kerusakan parah terjadi badan pesawat dengan roda pendaratan di bagian hidung pesawat tampak hancur.

Presiden Keehong Woo merilis surat permintaan maaf terkait insiden itu yang dimuat oleh situs resmi maskapai tersebut.

Woo menyebut penyelidikan secara menyeluruh akan dilakukan dengan melibatkan otoritas penerbangan lokal dan otoritas Korea untuk mencari tahu penyebab insiden itu.

“Kami tetap berkomitmen untuk memperkuat janji kami untuk operasional aman dan akan melakukan yang terbaik untuk melembagakan langkah-langkah pencegahan terulang kembalinya insiden itu,” kata Woo.

Pesawat jenis Airbus A330-300 yang mengalami insiden di Cebu itu, menurut situs pelacakan penerbangan FlightRadar24, diantarkan kepada maskapai itu pada tahun 1998 lalu.

Akibat insiden tersebut, Otoritas Bandara Internasional Mactan-Cebu menyatakan landasan ditutup sementara selama penyelidikan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here