UIKA Bogor Peringati Hari Kesaktian Pancasila Bersama Perwakilan 27 Perguruan Tinggi

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kota Bogor · 1 Okt 2022 16:19 WIB

UIKA Bogor Peringati Hari Kesaktian Pancasila Bersama Perwakilan 27 Perguruan Tinggi


 Para Mahasiswa Tengah Melaksanakan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila di Lingkungan UIKA Bogor, Sabtu 1 Oktober 2022. Foto : Humas UIKA/Bogordaily.net Perbesar

Para Mahasiswa Tengah Melaksanakan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila di Lingkungan UIKA Bogor, Sabtu 1 Oktober 2022. Foto : Humas UIKA/Bogordaily.net

Bogordaily.net – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Utama Gedung Rektorat Kampus UIKA Bogor Jalan Sholeh Iskandar Km.2, Sabtu 1 Oktober 2022.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila itu diikuti mahasiswa UIKA Bogor penerima beasiswa, serta mahasiswa dari 27 perguruan tinggi yang sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa.

Bertindak sebagai pembina upacara, Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si. Dia mengingatkan peran UIKA sebagai institusi pendidikan tinggi sangat penting, karena ke depan UIKA akan melahirkan calon-calon pemimpin bangsa, yang harus mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara, mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) didirikan dan diperjuangkan dengan penuh pengorbanan.

“Salah satu upaya kita sebagai komponen bangsa Indonesia, harus bahu membahu mempertahankan NKRI dari berbagai rongrongan, termasuk bahaya laten dari Partai Komunis Indonesia (PKI)” ujar Rektor UIKA Bogor.

Menurutnya, upacara dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh civitas akademika UIKA Bogor, memiliki tekad yang sama bahwa PKI tidak boleh muncul kembali di NKRI, karena ideologi tersebut dapat memecah belah Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam closing statement-nya, dia berpesan kepada para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari 27 Kampus, yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia yang turut mengikuti upacara, untuk meningkatkan semangat dan menyatukan tujuan dalam mempertahankan NKRI tanpa memandang latar belakang suku, ras dan agama.

Dia berharap, apa yang terjadi pada 30 September yang lebih dikenal dengan G 30S PKI tidak terulang kembali.

Upacara yang berlangsung secara khidmat ini diikuti juga para wakil rektor, Pengurus Yayasan Pendidikan Ibn Khaldun (YPIKA), Ketua Senat UIKA, Ketua-ketua Lembaga, Para Dekan, Presma serta Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan dilingkungan UIKA Bogor, perwakilan mahasiswa dari penerima beasiswa serta mahasiswa PMM Angkatan 2.

Antusiasme peserta nampak dari semangat peserta upacara yang hadir tepat waktu, dan mengikuti upacara dengan khidmat sampai kegiatan berakhir.

Kegiatan yang berlangsung pada 1 Oktober 2022 tersebut ditutup dengan persembahan dari UKM Paduan Suara, penampilan demonstrasi dari UKM seni gerak dan bela diri Tapak Suci dan Merpati Putih.(Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Curi Uang Rp 34 Juta di ATM, Wanita 42 Tahun Diamankan Satreskrim Polresta Bogor

5 Desember 2022 - 13:46 WIB

curi uang ATM

Cepat dan Mudah! Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 5 Desember 2022

5 Desember 2022 - 07:08 WIB

Lokasi SIM Keliling Kota Bogor

Waspada Petir! Berikut Prakiraan Cuaca BMKG di Kota Bogor Senin, 5 Desember 2022

5 Desember 2022 - 05:22 WIB

cuaca bogor 5 desember

Tingkatkan Kualitas SDM, Perumda Tirta Pakuan Gelar Pelatihan Management Transformation

4 Desember 2022 - 21:10 WIB

Pelatihan Tirta Pakuan

Akan Jadi RS Syariah, RS Islam Bogor Mulai Kembangkan Program Kerja 

4 Desember 2022 - 18:03 WIB

RS Syariah

Prakiraan Cuaca Bogor Hari Ini, 4 Desember 2022

4 Desember 2022 - 08:02 WIB

Provinsi
Trending di Kota Bogor