Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaUpaya Lestarikan Lingkungan, Wilayah Binaan Koptu Andry Bangun IPAL

Upaya Lestarikan Lingkungan, Wilayah Binaan Koptu Andry Bangun IPAL

Bogordaily.net – Upaya melestarikan lingkungan belakangan ini semakin semarak digelorakan, mulai dari pembersihan bantaran sungai hingga bangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal. Hal itu dilakukan di wilayah binaan Kelurahan , Koptu Andry Herliyanto.

Ia bersama warga dan yang lainnya membuat IPAL, di halaman sentra RT 02/RW 01, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Selasa 18 Oktober 2022, pukul 10.00 WIB.

Pembuatan IPAL akan membawa sampah dari pemukiman, lalu dibuang atau disalurkan ke sungai .

“Pembuatan IPAL ini tentunya bertujuan untuk menjaga kebesihan lingkungan, kita secara bersama sama melakukan kerja bakti ini, agar kelestaria lingkungan khususnya di sungai tetap terjaga,” kata Koptu Andry Herliyanto.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), kata Koptu Andry Herliyanto, dapat digunakan untuk pengelolaan limbah cair di pemukiman padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi.

Peran IPAL sangat penting karena untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar limbah.

IPAL digunakan sebagai sarana untuk mengolah limbah cair. Misalnya seperti limbah dari WC atau toilet, air cuci, maupun air kamar mandi.

Jika di lingkungan masyarakat, IPAL yang digunakan untuk mengolah limbah kotoran (tinja) dari WC lebih dikenal dengan sebutan septic tank.

“Jadi berbagai limbah hasil dari rumah tangga atau area makan, akan diproses oleh IPAL jenis ini. Misalnya saja seperti air mandi, air limbah cucian, air limbah dapur, dan lain sebagainya,” tutup Koptu Andry Herliyanto.

Kegiatan pembuatan IPAL itu juga dihadiri oleh PUPR Kota Bogor, LPM , , Bhabinktibmas dan yang lainnya. Selama kegiatan berlangsung, semua berjalan dengan aman dan tertib. (Muhammad Irfan Ramadan)

Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here