Friday, 19 April 2024
HomeKuliner5 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Jogja yang Menggoyang Lidah

5 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Jogja yang Menggoyang Lidah

Bogordaily.net – Berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap jika belum mencicipi gudegnya. Nah, berikut ini lima (5) rekomendasi tempat makan enak di Jogja.

Jika bingung memilih dari sekian banyak tempat yang menjual di Jogja, Bogordaily telah memilihkan lima diantaranya yang sangat recommended.

Simak yuk, berikut lima rekomendasi tempatakam enak di Jogja.

1. Yu Djum

Salah tempat penjual di Jogja Adalah rumah makan Yu Djum. Rumah makan ini salah satu penjual enak di Jogja yang sangat terkenal. Yu Djum menjual kering dengan rasa yang sangat enak, lezat dan gurih.

dari rumah makan yang satu ini juga sangat cocok untuk oleh-oleh, karena merupakan gudeg kering sehingga tahan lebih lama. Gudeg Yu Djum sudah membuka beberapa cabang rumah makan antara lain di Jalan Wijilan, Jalan Kaliurang KM. 4 dan di Jalan Adisucipto.

2. Gudeg Pawon

Tempat makan gudeg enak di kota jogja selanjutnya yaitu rumah makan gudeg pawon. Rumah makan ini beralamat di Jalan Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Rumah makan gudeg pawon mempunyai dua keunikan yang tidak dimiliki oleh tempat makan gudeg lainnya.

Keunikan tersebut yaitu yang pertama gudeg pawon buka hanya malam, yakni pukul 23.30 sampai dengan pukul 01.00. keunikan kedua para pembeli tempat makan ini harus datag ke dapur tempat penjual membuat gudeg. Rumah makan ini menjual gudeg basah dengan cita rasa yang sangat enak dan nikmat.

3. Gudeg Permata

Gudeh permata merupakan salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta. Warung gudeg ini sudah buka sejak 1961.

Jenis gudeg yang dihidangkan di Gudeg Permata adalah gudeg basah. Ciri khasnya yakni pada kuah arehnya yang gurih. Sambal goreng kreceknya juga berkuah.

Harga satu piring gudeg di Gudeg Permata Rp14.000. Jika ingin tambahan lauk kamu bisa memesan ayam, telur bebek, ataupun tahu. Gudeg Permata buka setiap Senin-Sabtu pukul 20.00-01.00 WIB. Namun pada Jumat dan Sabtu malam, biasanya sebelum am tutup sudah habis. Jadi baiknya datang pada awal buka.

Lokasi Gudeg Permata ada di Jalan Gajah Mada Nomor 2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

4. Gudeg Mbah Lindu

Apabila ingin menyantap gudeg pagi hari, kamu bisa datang ke Gudeg Mbah Lindu. Walau kini Mbah Lindu sudah meninggal, tapi warungnya masih tetap buka dan diteruskan oleh anaknya. Kendati demikian, Gudeg Mbah Lindu tetap ramai pembeli. Cita rasa gudegnya pun sama seperti dulu.

Gudeg Mbah Lindu berlokasi di Jalan Sosrowijayan Nomor 30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Malioboro.

Jam operasionalnya pukul 05.30-11.00 WIB. Sebaiknya jangan datang terlalu siang jika tak ingin kehabisan atau antre.

5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg identik dengan cita rasanya yang manis, tapi di warung Gudeg Mercon Bu Tinah justru pedas.

Berkat rasanya yang berbeda inilah, banyak wisatawan dan warga lokal yang penasaran untuk mencobanya. Terutama mereka yang sedang mencari hidangan untuk makan malam.

Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah ada di Jalan Asem Gede Nomor 8, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Jam bukanya pukul 19.00-01.00 WIB. (*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here