Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaBiodata & Profil Hakim Agung Gazalba Saleh yang Jadi Tersangka KPK

Biodata & Profil Hakim Agung Gazalba Saleh yang Jadi Tersangka KPK

Bogordaily.net – Biodata dan profil Gazalba Saleh jadi sorotan publik setelah ditetapkan tersangka oleh . Dia merupakan alumni kampus top tanah air.

Dia alumni Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin atau Unhas Makassar. Ia merupakan alumni S2 dan S3 Ilmu Hukum Universitas Padjajaran atau Unpad Bandung.

Dr Gazalba Saleh SH MH adalah seorang Mahkamah Agung (MA) dari Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya Gazalba kini adalah tersangka baru dalam dugaan kasus suap penanganan perkara di MA.

Penetapan Gazalba Saleh sebagai tersangka pada Kamis 10 November 2022 adalah pengembangan kasus dugaan suap yang sebelumnya juga menjerat MA nonaktif Sudrajad Dimyati dan kawan-kawan.

Namun, Wakil Ketua Nurul Ghufron tak membantah soal penetapan tersangka baru tersebut. Namun, dia meminta semua pihak menunggu hasil pengembangan penyidikan kasusnya.

Berikut biodata dan Profil Gazalba Saleh

Gazalba diketahui menjadi MA sudah sejak 7 November 2017 silam. Dia dilantik dan diambil sumpahnya sebagai salah satu oleh Ketua Mahkamah Agung, M Hatta Ali.

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Nomor: 117/P Tahun 2017 tertanggal 26 Oktober 2017.

Dr Gazalba Saleh SH MH adalah pria kelahiran Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia menyelesaikan jenjang pendidikan strata 1 (S1) Jurusan Hukum Internasional Fakultas Hukum atau FH Makassar, Provinsi Sulsel.

Gazalba juga tercatat menyelesaikan pendidikan strata 1 (S2) dan strata 3 (S3) di Unpad Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sebelum menjabat sebagai Hakim Agung MA, Gazalba juga adalah dosen Universitas Narotama Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim).***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here