Friday, 19 April 2024
HomeBeritaBiografi & Profil Timothy Weah: Anak Presiden yang Moncer di Piala Dunia...

Biografi & Profil Timothy Weah: Anak Presiden yang Moncer di Piala Dunia Qatar

Bogordaily.net – Profil beserta kariernya menjadi perhatian para penikmat si kulit bundar. Sebab, anak dari legenda AC Milan itu berhasil mencetak gol pada laga Piala Dunia 2022 Grup B saat melawan Wales.

Namanya melesat saat sukses mencetak gol. Dia juga merupakan pemain Timnas Amerika Serikat yang lahir di generasi 2000-an dan sukses mencatatkan namanya di papan skor pada ajang sekelas Piala Dunia.

Tidak disangka golnya ke gawang Wales menjadi rekor tersendiri bagi .

Satu rekor lagi yang diukir oleh adalah ia menjadi anak presiden pertama yang berhasil mencetak gol di sepanjang sejarah ajang sepak bola empat tahunan tersebut.

Sebagai informasi, pemain Timnas Amerika Serikat itu merupakan anak dari Presiden Liberia sekaligus pemain legendaris AC Milan, George Weah.

Profile

Nama lengkapnya Timothy Tarpeh Weah, dia lebih dikenal dengan nama . Dilahirkan di Kota New York, Amerika Serikat pada 22 Februari 2000. Di tahun ini genap berusia 22 tahun. Ia terbiasa bermain di posisi sayap kiri ataupun kanan.

menganut agama Kristen. Hal itu dibuktikan dengan salah satu postingan di Instagram pribadinya tatkala mengenakan simbol agama di leher.

Karier Sepak Bola

memulai karier sepak bola juniornya di West Pines United. Selepas itu ia juga pernah menimba ilmu sepak bola di Rosedale Soccer Club dab Blau-Weiss Gottschee di kurun waktu 2010 hingga 2013.

Lalu, sempat bergabung ke akademi New York Red Bulls dan akademi Paris Saint-Germain. Performa apiknya membuat ia masuk dalam skuad senior Les Parisiens pada 2018.

Namun sangat disayangkan, tidak mendapatkan tempat utama di PSG yang kala itu masih dilatih oleh Thomas Tuchel.

Di skuad PSG, anak dari George Weah itu kalah bersaing dari striker top dunia lainnya macam Neymar dan Kylian Mbappe.

Hal itu membuatnya dipinjamkan ke klub Liga Skotlandia, Celtic selama semusim. Di klub Celtic tersebut, Timothy Weah hanya berhasil melesakkan 4 gol serta 1 assist dari 17 laga yang dilakoninya.

Usai masa peminjamannya berakhir, PSG memutuskan untuk menjualnya ke sesama klub Ligue 1, Lille, pada 2019 silam. Diketahui nilai transfer penebusan Timothy Weah di angka 10 juta Euro.

Tidak disangka, ia mampu mempersembahkan gelar Ligue 1 dan Piala Super Prancis untuk Lille. Gelar tersebut juga memutus dominasi juara yang sebelumnya sering diraih oleh PSG.

Di level Timnas Amerika Serikat, Timothy Weah berhasil mencetak 4 gol dari 26 laga sejak debut pada Maret 2018 silam. Dia mantap untuk memperkuat skuad The Stars & Stripes meskipun ayahnya pernah menjadi andalan Timnas Liberia di masa lampau.

Demikian ulasan mengenai Profil  Timothy Weah beserta biografi kariernya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here