Friday, 29 March 2024
HomeBeritaChina Berduka, Mantan Presiden Jiang Zemin Meninggal Dunia

China Berduka, Mantan Presiden Jiang Zemin Meninggal Dunia

Bogordaily.net–  Kabar duka tengah menyelimuti . Sang mantan presiden meninggal dunia Rabu, 30 November  2022 pada usia 96 tahun. dikabarkan meninggal dunia akibat leukemia dan kegagalan sejumlah organ.

Xinhua melaporkan sebagaimana dikutip CNBC Indonesia dari Reuters dan CNBC International, meninggal di rumahnya di Shanghai sekitar pukul 12.13 sang waktu setempat. Ia meninggalkan seorang istri Wang Yeping dan dua anaknya.

“Kematian merupakan kerugian yang tak terhitung bagi partai kami dan militer kami serta orang-orang kami dari semua kelompok etnis,” bunyi pengumuman itu.

“Kamerad kita tercinta sebagai pemimpin luar biasa dengan prestisi tinggi, seorang Marxis yang hebat, negarawan, ahli strategi militer dan diplomat, dan pejuang komunis yang telah lama teruji,” sambungnya.

Sementara itu menjadi Ketua Partai Komunis (PKC) dari 1989 hingga 2002. Ia menjadi presiden sejak 1993 hingga 2003. Ia Jiang mengambil alih kekuasaan usai penumpasan Lapangan Tiananmen. Jiang kemudian memimpin menjadi negara dengan pembangkit tenaga listrik di panggung global.

Saat Jiang menggantikan Deng Xiaoping, China masih dalam tahap awal modernisasi ekonomi.

Saat itu China merupakan anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Kemudian pada 2008, Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade, dan negara tersebut sedang menuju status negara adidaya.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here